ASAHAN - Dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan, Himpunan Wanita Karya (HWK) Kabupaten Asahan menggelar seminar dan pelatihan membuat sabun cuci piring, cairan pembersih lantai dan deterjen cair, Selasa (31/5/2022). Kegiatan yang digelar di Aula Kantor DPD Partai Golkar, Jalan Akasia Kisaran ini bekerjasama dengan DPD HWK Provinsi Sumatera Utara dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPK Lady).
 
Ketua DPD HWK Kabupaten Asahan, Unnita Yusnar Manurung menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pendapatan masyarakat melalui pengembangan SDM perempuan dengan membetuk kekreatifan perempuan.
 
"Dalam hal ini kita ingin meningkatkan SDM perempuan agar kreatif hingga mampu membuat sabun cuci piring, cairan pembersih lantai dan deterjen cair," kata Unnita.
 
Nantinya, kata Unnita, produk dengan merk Bersih Cemerlang tersebut akan dipasarkan melalui UMKM dengan melibatkan perempuan HWK dan masyarakat.
 
"Tentunya kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyarakat melalui kreatif perempuan yang digawangi oleh HWK," ujarnya.
 
Kegiatan ini kata Unnita diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari Pengurus DPD HWK Kabupaten Asahan, KPPG, Al-Hidayah, GP2KI, Srikandi PP, TP PKK Kecamatan Kota Kisaran Barat dan masyarakat perwakilan dari 8 Kecamatan di Kabupaten Asahan.
 
Dikesempatan ini Unnita mengucapkan terimakasih kepada Ketua Komisi II, DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Dodi Tahir yang telah membantu kelancaran kegiatan tersebut.
 
"Terimakasih kepada Bapak Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Bapak Dodi Tahir yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," ucap Unnita.
 
Sementara, Pembina DPD HWK Kabupaten Asahan, Ny. Titiek Surya mengapresiasi kegiatan ini dan sangat mendukung penuh adanya seminar dan pelatihan tersebut.
 
"Saya sangat mendukung kegiatan ini. Saya meminta agar nantinya HWK dapat mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Asahan khususnya para perempuan dan pelaku UMKM. Harapan saya, pelatihan ini juga bisa lakukan secara merata," tuturnya.
 
Di tempat yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan yang diwakili Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Asahan, Parlindungan Panjaitan mengucapkan terimakasih kepada HWK yang telah peduli terhadap perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Asahan.
 
"Selaku Hasta Karya Partai Golkar, HWK Kabupaten Asahan ini sangat membanggakan. Sebab, peduli terhadap masyarakat," ungkapnya.
 
Menurut Parlindungan, kesejahteraan masyarakat tentunya dikarenakan adanya perekonomian yang meningkat.
 
"Kalau perekonomian masyarakat semakin meningkat, maka kesejahteraan masyarakat juga sangat berpengaruh meningkat pula. Dari itu saya meminta kepada HWK agar terus berkarya demi kesejahteraan masyarakat," paparnya.
 
Selanjutnya, Ketua DPD HWK Provinsi Sumatera Utara, DR. Hj. Julia Maulina menyebutkan ia beserta pengurus HWK Provsu akan terus memberikan binaan dalam pembuatan produk tersebut.
 
Ke depannya Julia akan membuat pupuk organik dari bahan baku berupa tanaman yang membusuk dan kulit padi. Selain itu akan membuat pakan ikan tawar.
 
"Dengan banyaknya produksi dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, tentunya sangat membantu pasar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.
 
Kegiatan ini dibuka Ketua DPD HWK Provinsi Sumatera Utara, DR. Hj. Julia Maulina.
 
Pengurus DPD HWK Kabupaten Asahan dan Provsu serta para peserta seminar usai melaksanakan kegiatan.