DELISERDANG - Satu ekor orangutan Sumatera  (Pongo abelii) dari Jawa Timur tiba di Bandara Kualanamu Kabupaten Deli Serdang mengunakan maskapai garuda Indonesia GA-0182 pada Selasa (30/5/2022). Orangutan ini bernama Kaka berjenis kelamin jantan dan usia  3 tahun, tiba di Kualanamu sekitar pukul 10.00 WIB. 
 
Menurut Plt Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara Irzal orangutan ini hasil penyerahan warga di Bogor. 
 
"Kaka adalah orangutan berjenis kelamin jantan, hasil penyerahan sukarela oleh seorang warga di Bogor," kata Irzal kepada wartawan. 
 
Lanjut Irzal mengatakan, penyerahan orangutan oleh salah seorang warga itu dilakukan pada 7 Januari 2022.
 
"Setelah melalui pendekatan persuasif yang dilakukan oleh tim gugus tugas penyelamatan satwa BBKSDA Jawa Barat, akhirnya warga pemelihara satwa dilindungi tersebut menyerahkannya kepada petugas pada tanggal 7 Januari 2022 lalu," ucapnya. 
 
 
Setelah itu, orangutan yang diambil petugas, langsung  dititipkan dan dirawat di Pusat Rehabilitasi Satwa Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) di Ciapus - Bogor. 
 
"Di pusat rehabilitasi Kaka menjalani perawatan dan sejumlah pemeriksaan kesehatan untuk keperluan identifikasi lanjutan, dari tes genetik yang dilakukan, diketahui bahwa orangutan ini dalam keadaan sehat dan berasal dari Sumatera (Pongo abelli) area Aceh bagian utara," tuturnya. 
 
Setelah itu, kata Irzal orangutan bernama Kaka ini akan segera dilepasliarkan ke tempat asalnya.
 
"Selanjutnya orangutan Kaka akan menjalani pemeriksaan dan rehabilitasi di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan di Batu Mbelin, Sibolangit yang dikelola oleh lembaga mitra kerjasama BBKSDA Sumatera Utara, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL-SOCP)," pungkasnya.