PALAS - Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar seminar tema menelusuri jejak ulama Palas, Sabtu (28/5/2022) di Masjid Agung Al Munawwaroh Sibuhuan. Hadir dikegiatan seminar jajaran pengurus MUI Kabupaten dan Kecamatan se Palas,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan Ketua  Organisasi Kepemudaan. 
 
Plt Bupati Padanglawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM. M.Si. diwakili  Kepala Dinas Sosial H. Achmad Fauzan Nasution,.SQ.SHI.M.Pdi mengatakan, seminar mengawal warisan ulama Palas sebagai bentuk perhatian terhadap sejarah ulama didaerah ini.
 
"Sudah selayaknya para ulama memberikan perhatian dan kepedulian terhadap sejarah ulama yang ada di Kabupaten Palas," terangnya.
 
Menurutnya,dengan terbitnya buku mengawal warisan ulama Palas memberikan informasi perkembangan sejarah para ulama di daerah ini. Untuk menjadi rujukan bagi pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan fitrah,berinovasi dan berkreasi agar terwujudnya Palas beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).
 
"Pemerintah daerah berharap dukungan semua pihak agar penyusunan buku mengawal warisan ulama Palas yang nantinya mampu memberi semangat dan motivasi bagi seluruh masyarakat," katanya.
 
Ia juga berpesan, mari kita menjaga dan melestarikan sejarah perjuangan ulama terdahulu yang berjuang membawa dan menyiarkan Islam di belahan bumi tercinta ini.
 
"Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih atas terbitnya buku ini kepada Drs.H.Rohyan Hasibuan. S.Pdi, M.Pdi dan Dr. Hamdan Hasibuan.SAg.M.Pd yang telah menerbitkan buku mengawal warisan ulama Palas," imbuhnya.
 
Achmad Fauzan menambahkan, terbitnya buku ini tentu mengingatkan kita kembali tentang kiprah ulama sangat relevan dengan tugas dan fungsi pengembangan agama.
 
Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama(Kamenang) Palas, H. Abdul Manan MA mengatakan, pihaknya memberikan perhatian untuk pengembangan kiprah ulama terdahulu didaerah ini.
 
"Tentu hal ini menjadi referensi bagi penerus ulama secara optimal sehingga kehadiran buku ini bisa mendorong terwujudnya  Palas yang Bercahaya," katanya.
 
Ia berharap,kehadiran buku ini mampu meningkatkan motivasi untuk mengoptimalkan pengembangan semangat masyarakat yang bisa melahirkan ulama yang tangguh pada generasi muda saat ini.
 
"Kita optimis kedepan akan banyak ulama muda yang tangguh, berprestasi yang mampu mengharumkan daerah Kabupaten Palas," ujarnya. 
 
Dikesempatan itu, Abdul Manan mengucapkan terimakasih kepada Drs. H. Rohyan Hasibuan S.pdi.M.Pdi dan Dr. Hamdan Hasibuan.SAg.M.Pd atas sumbangsih pemikirannya melalui buku mengawal warisan ulama Palas.
 
"Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan karunianya atas kontribusi yang telah di berikan bagi kebaikan ummat manusia di muka bumi ini," pungkasnya.
 
Penulis buku mengawal warisan ulama Palas, Drs.H. Rohyan Hasibuan.S.pdi, M.Pdi menyampaikan, terimakasih kepada Pemkab Palas dan Kemenag yang memberikan dukungan dan sambutan baik atas terbitnya buku ini.
 
"Buku ini nantinya dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca tentang perkembangan ulama di Palas," tutupnya.