PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, meninjau seleksi tahapan penyampian visi misi yang disampaikan para bakal calon kepala desa, di Aula Kantor Camat Barumun Selatan, Kamis (26/5/2022). Peninjauan tersebut didampingi Kasatpol PP dan Damkar Palas, Agus Saleh Saputra Daulay SH  dan unsur Forkopimda di zona Eks Barumun meliputi Kecamatan Barumun, Barumun Selatan, Barumun Baru, Lubuk Barumun dan Sosopan.
 
"Para balon Kades dalam penyampaian visi misi dan tes wawancara sebagai salah satu persyaratan, terlihat memiliki pandangan yang sama untuk mendorong kemajuan desa," kata H.Ahmad Zarnawi.
 
Ia berharap, para balon kepala desa yang ikut seleksi penyampaian visi misi dan tes wawancara memiliki komitmen untuk kesejehtaraan masyarakat sejalan dengan program pemerintah daerah mewujudkan Palas Bercahaya.
 
Sebelumnya Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Palas, Faisal Amri Siregar SIP MM melalui Kabid Pemdes M Yusuf Hutajulu ST mengatakan, untuk zona II Eks Barumun yang mengikuti penyampaian visi misi dan tes wawancara sebanyak 124 bakal calon kepala desa.
 
Ia merincikan bakal calon kepala desa per Kecamatan mulai dari Kecamatan Sosopan,16 orang, Ulu Barumun, 25 orang,Barumun, 31 orang, Barumun Selatan, 11 orang,Lubuk Barumun,26 orang, Kecamatan Barumun Baru, 16 orang.
 
Kata Yusuf,untuk zona III Eks Barumun Tengah, untuk  penyampaian visi misi dan tes wawancara dilakasankan, Jumat (27/5/2022) dan selanjutnya seluruh balon kepala desa akan seleksi uji kompetensi dan terakhir penetapan sebagai calon kepala desa 8 Juni 2022.
 
Salah satu bakal calon Kepala Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, Irham Ali Munandar Hasibuan mengatakan wawancara visi misi ini sangat penting sebagai salah satu program yang harus dijalan saat nantinya terpilih.
 
"Melalui penyampaian visi misi dari masing-masing balon kepala desa,hampir memiliki kesamaan untuk kesejehtaraan masyarakat dan peningkatan ekonomi dilingkup desa," ujarnya.
 
Selain itu, tambahnya peningkatan sumber daya manusia(SDM) juga menjadi faktor penting. Karena jika SDM masyarakat baik tentu akan mampu menyerap semua aspek yang menjadi program desa.