PALAS - Rutan Kelas II Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 di halaman rutan tersebut, Jumat (13/5/2022). Peringatan Hardiknas mengusung tema "Pimpin pemulihan untuk bergerak merdeka belajar". Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan memimpin langsung kegiatan peringatan upacara tersebut. 
 
Upacara peringatan hari pendidikan nasional di Rutan Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut diikuti seluruh pegawai dan pejabat struktural menggunakan pakaian adat tradisional dan pakaian Kopri. 
 
Kepala Rutan Kelas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori SH melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022.
 
"Selama 2 tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya" katanya. 
 
Dikatakan, pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan 13 Mei 2022 dilakukan secara tatap muka terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah. 
 
Hal itu dikarenakan tanggal 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan Hari Raya IdulFitri dan periode cuti bersama Lebaran. 
 
"Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran," terang Rudi.
 
Kini Kurikulum Merdeka tersebut, sambungnya sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.
 
Seluruh pegawai  mengikuti upacara Hardiknas secara online melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI. 
 
Kata Rudi, imbauan Kemendikbud seluruh  instansi pusat, daerah, satuan pendidikan serta Kantor Perwakilan RI di luar negeri dapat menyelenggarakan kegiatan Hardiknas 2022 secara kreatif. 
 
"Kegiatan Hardiknas diharapkan dapat membantu para guru dan membangkitkan semangat belajar di masa pandemi serta mendorong partisipasi publik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes)  Covid-19," pungkasnya.