PALAS - Keluarga Besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Keluarga Nasution Dohot Anak Boruna (Ikanas) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar kegiatan silaturahmi dan halal bi halal IdulFitri 1443 H. Kegiatan silaturahmi tersebut tetap  menerapkan protokol kesehatan (Prokes) mengusung tema 'Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Palas  yang bercahaya' di halaman  Hotel Barumun Sibuhuan, Selasa (10/5/2022).

Plt Bupati Padanglawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan membangun komunikasi dengan baik sebagai organisasi sangat penting dan bermanfaat untuk ajang silarurahmi agar saling mengenal satu dan lainnya sebagai ikatan keluarga.


Ia berharap Ikanas sebagai organisasi sosial selalu mengedepankan kesejahteraan anggota dan kepentingan kemaslahatan dengan bergandengan tangan dengan semua pihak. 

“Atas nama pemerintah dan pribadi, saya  mengapresiasi pertemuan silaturahmi yang bertujuan mempererat hubungan jalinan persaudaraan yang kuat sehingga mewujudkan kemajuan daerah yang lebih baik kedepan," ujarnya.

Plt Bupati menambahkan, dari 261 ribu jiwa warga Palas terdapat 31 ribu bermarga Nasution yang tersebar di wilayah Kecamatan Barumun paling terbanyak disusul Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Hutaraja Tinggi, Sosa.

"Konteks kesukuan sejak zaman nabi sudah ada menjadi kaum perempuan  dan laki-laki bersuku-suku dan berbangsa untuk saling tolong menolong dan merangkul dengan sesama," terangnya.

"Kehadiran Ikanas di Palas diharapkan memberi output yang bermanfaat dengan dampak positif yang memberikan kemajuan daerah Kabupaten Palas yang berada dipaling Timur dari Provinsi Sumut," tambahnya.

Ia mengajak, Ikanas terus bergandengan tangan dengan semua pihak untuk membangun keharmonisan yang mendorong kemajuan pembangunan daerah.

Menurut Plt Bupati, organisasi yang  mengarahkan kearah sosial, perlu adanya langkah strategis menjadi  tugas besar dari semua pengurus untuk kemajuan Ikanas agar lebih berkontrubusi untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya sangat yakin Ikanas berkembamg pesat di daerah Palas ini dengan prinsip mengangkat pemberdayaan masyarakat tanpa ada perbedaaan untuk kemajuan bersama dan daerah," tutupnya.

Sebelumnya Ketua IKanas Palas, H.Panguhum Nasution SSos MAP didampingi Sekretaris Hj Nurazijah Nasution SPd dan Ketua Panitia H.Achmad Fauzan Nasution SQ SHi MPdI mengucapkan Minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin.

Dia mengajak, seiring terbentuknya Ikanas di Palas yang mengarah kepada kepentingan sosial, agar saling bahu membahu untuk membesar wadah berhimpunnya marga Nasution ini menjadi sebuah komunitas yang memberikan kontribusi kemajuan daerah.

Lebih lanjut Panguhum berharap Ikanas bisa membangun ikatan jalin persatuan dan kesatuan dan memperbanyak silaturahmi untuk mewujudkan Palas yang Bercahaya.

Panguhum juga berpesan, persaudaraan Nasution diharapkan dapat menjadi pemersatu yang memberikan penyejuk dalam bingkai membangun persatuan dan kesatuan yang baik dengan semua pihak dan kesukuan lainnya.

"Dengan semangat saling tolong menolong sebagai orentasi Ikanas untuk membesarkan organisasi yang bermanfaat bagi semua pihak," katanya.

Panguhum berharap, Ikanas harus bisa merangkul semua golongan baik di daerah maupun pusat dengan prinsip  bersatu padu membangun sebagai organisasi sosial untuk kesejehtaraan.

Dikesempatan itu secara simbolis Plt  Bupati Palas, menerima penyematan Pin serta baju Ikanas yang dirangkai dengan pemberian cendramata kepada  Ketua Umum DPP Ikanas  H.Syaifullah Nasution SH MM didampingi Ketua Ikanas  Palas, H.Panguhum Nasution SSos MAP.

Hadir di kegiatan tersebut, Waketum DPP Ikanas, H.Fahmi Nasution, Sekretaris DPP Ikanas, H.Marazuki Nasution SPT, Ketua Umum DPD Ikanas Sumut  DR H.Amarullah Nasution SE MBA, Sekda Arpan Nasution SSos.

Tampak juga Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan MA, Anggota DPRD Fraksi Golkar H.Lokot Nasution, Anggota DPRD Fraksi Hanura Muara Kumpul Nasution SPsi, Ketua MUI H.Ismail Nasution LC, Ketua Gerindra Ir.H.Lukman Nasution, Ketua PKB H.Fahmi Anwar Nasution ST, Kepala Bank Sumut dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Palas.