ASAHAN - Tiga kali lebaran Covid-19 melanda. Selama itu juga tempat bersantai bersama keluarga saat hari besar yaitu Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran atau yang dikenal sebagai Alun-alun Kota Kisaran, Kabupaten Asahan ditutup Pemerintah setempat. Namun, lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Walau pintu masuk ditutup pagar besi, masyarakat masih menerobos masuk ke lokasi Alun-alun.
 
Pantauan www.gosumut.com, Rabu (4/5/2022), ratusan masyarakat duduk santai di bawah rimbunnya daun pepohonan yang ada di pinggiran lapangan alun-alun.
 
Tak menyia-nyiakan kesempatan, pengunjung juga berswafoto bersama pasangan, keluarga dan teman. Ada juga yang membentang tikar plastik dan makan bersama keluarga.
 
Salah satu pengunjung bernama Ayu mengaku sangat merindukan nuansa indahnya pesona Alun-alun Kota Kisaran. Mereka mengaku sudah lama ingin berkunjung ke tempat itu.
 
"Sudah lama ditutup, kepingin santai di sini (Alun-alun,red). Gegara Covid-19 sudah tiga tahun tempat ini gak dibuka. Karena sekarang Covid-19 sudah gak setenar tahun-tahun sebelumnya, ya kami memutuskan untuk datang ke sini," cetusnya.
 
Sementara, salah satu pedagang asongan di Alun-alun Kota Kisaran mengaku sedikit bersyukur karena dagangannya ada yang membeli. Dibandingkan tahun sebelumnya, dagangan yang digendongnya banyak tak terjual karena tidak ada pengunjung.
 
"Tahun ini Alhamdulillah lah pak, lebih ramai dari tahun sebelumnya. Selama covid ini kami susah jualan, karena tempat ini ditutup," katanya.
 
Pedagang tersebut berharap kepada Pemerintah agar membuka secara lebar Alun-alun Kota Kisaran.
 
"Ya kami sangat berharap agar alun-alun ini dibuka secara normal seperti dulu. Yang penting wajib diketatkan prokesnya. Sedangkan Sirkuit Mandalika aja dibuka, mosok iya hanya Alun-alun doang gak bisa dibuka," pungkasnya.