TOBA - Perayaan Idul Hitri tepatnya di hari kedua, Selasa (3/05/2022) tampak suasnaa arus mudik di Janlinsum Porsea, Laguboti, Balige Kabupaten Toba ramai lancar dan terkendali.
Seperti di simpang Janlinsum Jalan Balige Bypass Tambunan menuju Tarutung terpantau aman dan lancar dijaga dari personel Sat Lantas Polres Toba bekerja sama dengan Personil Dinas Perhubungan dan Satpol PP Toba.

Padal (Perwira Pengendali) Beat 3 Jalan Balige Bypass, Ipda Tarsan Simangunsong kepada www.gosumut.com menyampaikan, pengawasan dan pengamanan arus lalulintas di Janlinsum Jalan Balige Bypass dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga Malam pukul 22.00 setiap hari.

Pengamnan arus mudik lebaran ini dilaksanakan selama libur lebaran sesuai perintah pimpinan demi menjaga keselamatan dan keamanan warga yang melakukan mudik lebaran di tahun 2022 ini.

"Operasi Ketupat Toba 2022 di beberapa titik lokasi sepanjang Jalinsum dan pelabuhan atau dermaga perairan Danau Toba wilayah Hukum Polres Toba muali aktif dari tanggal 28 April 2022 hingga hari ini 03/05/2022 sampai tanggal 09/05/2022," bilangnya.

Selama pemantauan pengamanan suasana arus lalulintas untuk mudik lebaran berikut kunjungan wisata di beberapa loaksi wisata diketahui cukup ramai.

Ramainya kendaraan mudik tidak sampai menimbulkan kemacetan yang parah, baik di pusat kota Balige sebagai ibukota kabupaten dan sepanjang jalinsum Kecamatan Balige.

"Hal ini karena telah berfungsinya jalan Balige Bypass Medan menuju Tarutung, Sibolga, Tapteng dan Humbahas demikian untuk arus sebalikanya dapat dipwrgunakn dengan baik dan aman oleh para pengendara roda dua dan roda empat," pungkasnya.

Pantauan Gosumut.com, di beberapa titik ruas Jalinsum Kabupaten Toba tampak arus lalulintas lumayan ramai. Tingkat keramaian dan kepadatan kendaraan tidak seperti lebaran beberapa tahun lalu sebelum Covid-19 menyerang NKRI di 3 tahun terakhir ini.

Ramainya kendaraan melintas adalah para warga yang mau mudik dan sebagian warga yang hendak berwisata di beberapa titik lokasi wisata di Kabuapten Toba pasca pemerintah pusat memberikan kelonggaran untuk mudik ditengah mulai menurunya angka paparan wabah Pandemi Covid-19 di NKRI.