TAPSEL - Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Roman S Elhaj, SH, SIK, MH, mengingatkan jajarannya agar benar-benar memperhatikan kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di Pos Pengamanan (Pam) dan Pos Pelayanan (Yan). Demikian diungkapkan Kapolres di sela Latihan (Lat) Pra Operasi (Ops) Ketupat Toba 2022, Rabu (27/4/2022) di Aula Pratidina Mako Polres Tapsel.

Adapun kelengkapan yang dimaksud, kata Kapolres, meliputi peta lokasi Pos Pam yang berisi titik-titik hot spot, baik yang berkaitan dengan Kamseltibcar Lantas maupun gangguan Kamtibmas. Kemudian, harus juga tersedia buku mutasi, tabulasi kejadian, daftar petugas Ops, nomor telepon penting lintas sektoral.

"Serta sediakan juga public addres, alat komunikasi, handy talky (HT), pesawat RIGG, kendaraan bermotor roda dua dan empat, maupun perlengkapan pelayanan kesehatan, dan sarana zoom meeting," terang Kapolres.

Kapolres juga menginstruksikan supaya di setiap Pos Pam di data jumlah penumpang yang melaksanakan mudik maupun arus balik. Selanjutnya, imbuh Kapolres, datakan juga jumlah vaksinasi yang dilaksanakan di Pos-pos yang telah ditunjuk. Para Kapolsek agar menyiasati cara melengkapi sarana prasarana dan fasilitas Pos Pam dan Pos Pam di wilayah hukumnya.

"Perhatikan kelengkapan anggota yang bertugas di Pos Pam maupun Pos Yan, dengan menggunakan Pola Pam Buddy System," tambah Kapolres.

Guna mengantisipasi bencana alam tanah longsor, Kapolres meminta agar selalu disiap siagakan alat berat dan mobil derek. Untuk diketahui, sebut Kapolres, pada pengamanan Pos Pam kali ini, tidak boleh ada penyekatan. Untuk vaksinasi, gunakan spanduk dan himbauan menggunakan toa.

Kapolres menerangkan bahwa, setiap personel yang terlibat dalam pelaksanaan pengamanan di Pos Pam, Pos Yan, dan Pos Terpadu, harus mengetahui tugasnya masing-masing. Intinya, tegas Kapolres, laksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan arahan yang sudah diterbitkan oleh Karo Ops Polda Sumut, pada 27 April 2022.

Tampak hadir dalam Lat Pra Ops Ketupat Toba 2022 itu antara lain, Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap, Kabag Ops Kompol Abdi Abdillah, Kabag SDM Kompol Bunbunan Lumbanraja, Kabag Ren Kompol Gamal Lusiawan, para Kasat, Kapolsek, perwira, dan seluruh personel yang terlibat dalam operasi tersebut.