HUMBAHAS - Badai angin puting beliung menerjang Kabupaten Humbahas Minggu (24/02/2022) sekira pukul 18.30 tepatnya di Desa Siborboron, Kecamatan Sijamapolang yang mengakibatkan 14 unit rumah milik warga desa setempat porak poranda.
Kencangnya badai angin puting beliung menghancurkan rumah penduduk membuat seluruh warga desa meraung histeris menyaksikan atap dan bangunan rumah mereka diangkat oleh putaran badai angin puting beliung dan menerbangkan atap dan tiang kayu rumah mereka hingga menerbangkannya sampai puluhan hingga ratusan meter dari lokasi kejadian.

Para warga desa Siborboron korban bencana alam angin puting Beliung yang membuat kondisi rumah masing masing korban dalam keadaan rusak berat dan porak poranda diterjang badai angin puting beliung sebanyak 6 rumah yakni rumah milik Muller Simanullang/Br. Silaban, Nelson Simanullang/Br. Harianja, Tumpak Simanullang/ Br. Sihombing, Monang Nababan/Br. Simanullang, Sarles Simanullang/Br. Sibarani, Togar Sinaga/Br. Sitepu,

Untuk kondisi rumah dengan keadaan rusak ringan sebanyak 8 unit rumah yakni rumah milik Manginar Simanullang/ Br. Sinaga, Roganda Simamora/Br. Simanullang, Binong Silaban/Br. Munte, Poltak Simanullang/ Br. Sipayung, Sopar Simanullang/ Br. Sinaga,Timbang Simanullang/Br. Siahaan, Sahat Simanullang dan Tumpal Simanullang/Br. Sibarani.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbahas Rommel Silaban ketika di konfirmasi Gosumut.com via selulernya Selasa (26/04/2022) menjelaskan dalam peristiwa terjangan badai angin puting beliung yang menghantam 14 rumah penduduk tersebut tidak ada menelan korban jiwa pada saat peristiwa bencana angin puting beliung itu terjadi.

"Pasca peristiwa tersebut terjadi Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui BPBD dan Dinas Sosial bersama-sama dengan pemerintah kecamatan dan desa langsung mendirikan tenda darurat dan dapur umum serta menyediakan bahan makanan dan makan malam di malam harinya untuk para korban dan keluarga korban bencana," terangnya.

Di pagi harinya Senin (25/04/2022), Bupati Humbahas bersama Kapolres Humbahas dan Kajari Humbahas berikut didampingi beberapa pejabat daerah Pemkab Humbahas melaksanakan sarapan bersama dengan seluruh korban bencana.

Usai serapan pagi saat itu Bupati Dosmar sekaligus menyerahkan beberapa bantuan sosial kepada para korban dan pihak keluarga korban bencana sekaligus memberikan Boras Na Pir sebagai ungkapan Doa kepada Tuhan yang Maha Esa atas perlindungan ya kekada seluruh korban dan keluarga serta harapan tetap dalam kadaan sehat.

Pemberian bantuan sosial kepada Korban Bencana Angin Puting Beliung oleh Bupati didampingi Kapolres Humbahas, Kajari Humbahas dan beberapa pejabat Daerah Pemkab Humbahas lainnya sebagi pemberian dan dorongan semangat serta Penghiburan.

Pada kesempatan itu Bupati, Kapolres dan Kajari memberikan sembako yang difasilitasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Humbahas. Oleh Dinas Kesehatan menyiapkan dan memberikan obat obatan, vitamin dan pelayanan Kesehatan gratis kepada seluruh korban bencana berikut para keluarga korban. Untuk BPBD memberikan bantuan sandang dan tikar kepada 14 keluarga korban.

Di kesempatan tersebut Kapolres Humbahas AKBP Ahmad Muhaimin memberikan bingkisan. Sedangkan untuk kerugian materil para korban bencana ditaksir sementara kurang lebih Rp100 juta.