MEDAN - Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah loket bus antar lintas Sumatera (ALS), Jalan SM Raja Medan mulai dipadati penumpang. Pantauan Gosumut.com, H-8 menjelang lebaran terlihat loket bus tersebut mulai terjadinya peningkatan penumpang. Dapat dilihat dari adanya kepadatan diruang tunggu penumpang dan keluarga yang mendampingi. 
 
Setelah diberikan izin melakukan mudik oleh pemerintah masyarakat sangat berantusias kembali ke kampung halamannya untuk bertemu keluarga yang mereka tinggalkan dalam jangka waktu yang lama. 
 
Seperti yang dikatakan Fitri, salah seorang penumpang asal Pasaman Barat yang berkuliah di kota Medan. Ia sangat merasa senang telah diberikan kelonggaran dalam ia melakukan mudik oleh pemerintah.
 
"Soalnya kan aku kuliah Jadi ini sudah minta izin sama dosennya karena kalau bisa waktu libur sama orang tua ya sama orang tua makanya mudik. Mau musik ke Padang, Ujung Gading, Pasaman Barat."ujarnya Sabtu, (23/4/22) Siang. 
 
Terpisah, Alwi Matondang, selaku Humas PT. ALS mulai ada peningkatan jumlah penumpang juga dalam pesanan tiket manual maupun secara online.
 
"Kalau peningkatan penumpang sudah mulai tejadi mulai hari ini, itu terjadi untuk tujuan Sumatera barat, Pasaman dan Mandailing Natal,"tuturnya.
 
Ia mengatakan peningkatan jumlah penumpang di ALS meningkat cukup drastis terlihat dari setiap kursi yang terisi di setiap bus yang berangkat dibandingkan dengan pekan lalu. 
 
"Kalau persentase penumpang lebih kurang sekitar 80% terisi kalau sebelumnya sekitar 10 - 20%. Ada peningkatan drastis disitu untuk tujuan, Sumatera Barat, Pasaman, dan Mandailing Natal," Ucapnya. 
 
Akan tetapi untuk pulau Jawa, dikatakannya, masih belum terlihat adanya peningkatan, hanya peningkatan nya sampai hari ini hanya sekitar 30% saja. 
 
Alwi memprediksi akan ada peningkatan yang lebih tinggi nantinya terutama untuk tujuan Padang dan Mandailing Natal.  
 
Peningkatan itu akan terjadi di tanggal 28 sampai 30 April. Untuk armada masih tersedia untuk semua rute. Paling dominan itu Sumbar, Pasaman dan Mandailing Natal. 
 
Berikut daftar harga Tiket Bus ALS Rute Sumatera - Pulau Jawa : 
 
Daftar harga tiket Medan - Jakarta dengan fasilitas AC dan Toilet Rp 550 ribu. Sementara harga fasilitas air conditioner saja (AC) Rp 455 ribu. Medan-Malang, AC Toilet Rp 690 ribu.