PALAS - Kunjungan tim  Safari Ramadhan  Kabupaten Padanglawas (Palas) berakhir di Desa Bangun Raya, Kecamatan Barumun. Kunjungan ini merupakan hari terakhir sekaligus  penutup Safari Ramadan tingkat Kabupaten Palas Bulan Ramadhan 1443 Hijriah, Sabtu (23/4/2022).
 
Plt Bupati Padang Lawas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi diwakili  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Amit Hadi Nasution SH menga kegiatan safari ramadhan ini dengan meningkat ikhuwah islamiyah dan silaturhami.
 
"Kita patut bersyukur bahawa di tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat Indonesia mudik lebaran setelah sempat dilarang selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19," terangnya, Minggu (24/4/2022).
 
Dikatakan, meskipun kasus konfirmasi dan aktif Covid-19 secara nasional terus menunjukkan tren penurunan dan cenderung melandai disertai kebijakan aturan Covid-19 yang makin longgar dan tidak ada penyekatan di jalur lintasan mudik.
 
Ia mengingatkan, ke masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman agar memproteksi diri dengan memegang prinsip kehati-hatian, menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar disamping menjalankan pola hidup sehat.
 
Ia juga meminta, masyarakat turut mendukung program 3T (Testing, Tracing dan Treatment) sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19.
 
Sebelum mudik, sambungnya terlebih dahulu melaksanakan 3T, bersedia melakukan testing atau pengecekan kesehatan dan membuka diri terhadap proses tracing atau penelusuran kontak kasus positif dengan menjalani treatment atau perawatan dengan benar apabila merasakan gejala Covid-19.
 
Lebih lanjut Amit Hadi berpesan, pemudik diwajibkan melaksanakan syarat lainnya yang telah ditetapkan pemerintah yaitu melaksanakan vaksinasi lengkap agar mudik aman, lancar dan bahagia dan trend penurunan Covid-19 dapat terjaga.
 
Sebelumnya Camat Barumun, Fauzan Taufik Daulay S.Sos mengatakan, momen safari ramadhan ini sebagai ajang mempererat silaturahmi. 
 
"Mari kita tingkatkan silaturahmi dengan sesama karena banyak meninggal kesan yang baik dan mendalam didalam hati kita," katanya.
 
Fauzan menambahkan, mempererat ukuwah islamiyah akan mendapatkan  keberkahan dan kemuliaan dunia dan akhirat.
 
Sementara Al Ustadz H. Sehat Muda, Lc, MA dalam tausyiahnya menyampaikan, mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta pergi haji ke Baitullah merupakan bagian dari rukun islam.
 
Mendirikan shalat wajib bagi setiap orang muslim. Berbeda dengan zakat dan  haji hanya diwajibkan bagi orang yang mampu,katanya.
 
"Allah SWT menyuruh hambanya menjadi  orang kaya, maka kita wajib berusaha, banting tulang untuk meraih kekayaan," imbuhnya.
 
Al Ustad Sehat Muda juga mengingatkan, agarorang kaya mengeluarkan zakat, karena bermanfaat untuk kesejahteraan sosial dan terjalinnya hubungan yang baik antara orang kaya dengan orang miskin.
 
"Allah SWT menyuruh manusia untuk memanfaatkan keberkahan  yang ada dilangit dan dibumi agar kita bertaqwa kepadanya,"lanjutnya seraya mengajak.
bersungguh sungguh beribadah, beramal sholeh, untuk meraih keampunan dari Allah SWT karena Ramadan adalah bulan maghfiroh, rahmah, dan itkum minannar.
 
"Semoga kita termasuk orang orang yang beriman  yang mendapat perlindungan dan kasih sayang Allah SWT," pungkas Al Ustadz menutup tausyiahnya.
 
Pada penutup rangkaian Safari Ramadan 1443 H di Desa Bangun Raya, Kepala BPBD Palas  menyerahkan bantuan sosial kepada imam dan khatib, bilal mayit, guru mengaji, guru MDA, dan anak yatim di Kecamatan  Barumun serta bantuan ambal untuk masjid.