TOBA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyerahkan Laporan Hasil Penilaian (LHP) penggunaan anggaran keuangan daerah Pemkab Toba TA-2021 dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Auditorium BPK Medan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Jumat (22/4/2022).

LHP dengan WTP yang diterima Pemkab Toba di Tahun 2022 ini adalah keenam kalinya dan diterima Bupati Toba Ir Poltak Sitorus.

Usai menerima LHP, Bupati Toba menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dengan dipercayainya Kabupaten Toba menerima Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini.

Saat menerima LHP dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut di Medan Eydu Oktain Panjaitan di Auditorium BPK Medan Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Jumat (22/4/2022) Bupati Toba Poltak Sitorus bersama dengan Ketua DPRD Toba Efendy SP Napitupulu SE.

Poltak Sitorus menyebutkan WTP hasil penilaian secara profesional BPK ini bukanlah tujuan akhir, tetapi adalah untuk menyejahterahkan masyarakat Kabupaten Toba.

Ia juga meminta agar seluruh aparatur (ASN/PNS) Pemkab Toba ke depannya lebih serius dalam menangani Sistem Pengawasan Internal (SPI) yang ada di masing-masing organisasi pemerintah daerah (OPD).

Terkait beberapa catatan yang diberikan BPK kepada Pemkab Toba, Poltak Sitorus menyebutkan dalam waktu 60 hari ke depan sesuai sesuai arahan BPK pihaknya akan menyelesaikan perbaikan.

Sebelumnya Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut di Medan, Eydu Oktain Panjaitan menyebutkan BPK memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Toba atas kepatuhan dalam menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan cepat yaitu pada dua bulan yang lalu tepatnya 25 Februari 2022.

Kriteria yang ditetapkan dalam pemberian opini yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal pemerintah.

Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi SP Napitupulu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas pencapaian Kabupaten Toba meraih WTP yang ke-6 kali di tahun 2022 ini.

Disampaikan Efendi, dibanding dengan tahun lalu (2020), hasil yang diperoleh sesuai penilaian BPK atas LKPD 2021 ini sudah lebih baik adanya.kita berharap untuk kedepannya akan semakin lebih baik lagi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toba.

Turut hadir Pj Sekdakab Toba Augus Sitorus, Inspektur Kabupaten Toba Wallen Hutahaean, Plt Ka BKA Fernando Samosir, Sekwan DPRD Toba Jonni Hutajulu, Plt Asisten Administrasi Umum Verry S Napitupulu, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Samosir, Kepala Bagian Umum Jeffry Maradona Nainggolan, Kepala Bagian Pemerintahan Samuel Lumban Raja, dan pejabat terkait lainnya.