ASAHAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan setiap tahunnya secara rutin menggelar kegiatan bakti sosial. Biasanya, PWI Kabupaten Asahan dalam rangka menggelar Bakti Sosial, melakukan penyantunan anak yatim, silaturahmi kepada para janda Wartawan, silaturahmi dengan loper koran dan berbuka puasa bersama.
 
Tahun ini, PWI Kabupaten Asahan menggelar giat Bakti Sosial dengan tema "PWI Asahan Peduli" di Dizza Resto, Kelurahan Siumbut Baru, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Rabu (20/4/2022).
 
Silaturahmi ini juga diikuti perwakilan Forkopimda Asahan, organisasi media, para istri dan anak pengurus serta Anggota PWI Kabupaten Asahan.
 
Dalam sambutannya, Ketua PWI Kabupaten Asahan, Indra Sikoembang menerangkan, tujuan bakti sosial ini adalah 3S, yaitu Syukur, Silaturahmi dan Syirup.
 
"Yang pertama adalah syukur. Kegiatan ini adalah bentuk syukur, PWI Kabupaten Asahan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas karunianya kepada kami. Dengan ini kami tetap berupaya mengedepankan semangat dalam menggali informasi dan tetap anti hoax," ujarnya.
 
Yang kedua, sambungnya, Silaturahmi. Silaturahmi merupakan budaya kerja Wartawan dengan cara konfirmasi. Dari itu Indra menegaskan, kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi antar sesama.
 
"Di sini kami bawa istri dan anak kami agar mereka tau kegiatan kami para suami atau ayahnya. Kami bersilaturahmi kepada janda Wartawan, loper koran dan anak yatim. Wartawan ini setiap hari pasti bersilaturahmi, karena konfirmasi juga bagian dari silaturahmi," katanya.
 
Terakhir adalah Sirup. Menurut Indra, berhubung akan tiba leberan, PWI Kabupaten Asahan berbagi sirup minuman dan juga sembako.
 
"S yang terakhir adalah Sirup, dalam hal ini kami berbagi sirup, sembako dan juga uang tunai kepada para anak yatim, janda Wartawan dan loper koran. Hal ini kami lakukan merupakan bentuk rasa syukur kami kepada sang pencipta," pungkasnya.
 
Di tempat yang sama, Bupati Asahan yang diwakili Asisten II Pemkab Asahan, Muhili Lubis mengutarakan rasa salut terhadap PWI Kabupaten Asahan.
 
"Kami merasa salut dan bangga kepada PWI Kabupaten Asahan, tentunya kami mendoakan agar PWI Kabupaten Asahan bertambah jaya dan hebat lagi kedepannya sehingga mampu mewujudkan profesi wartawan yang profesional sesuai dengan kode etik jurnalistik dan undang-undang pers nomor 40 tahun 1999," ujarnya.
 
Menurutnya, kegiatan PWI ini sangat patut untuk dicontoh oleh khalayak. Karena PWI telah meringankan beban masyarakat.
 
"Saat ini masih masa pandemi Covid-19, ditambah lagi hari raya idul Fitri akan tiba. Tentunya kebutuhan setiap orang sangat tinggi. Alhamdulillah, hari ini PWI Kabupaten Asahan meringankan beban masyarakat terkhusus para anak yatim, janda Wartawan dan loper koran," kata dia.
 
Selain menyerahkan bantuan kepada janda Wartawan, loper koran dan anak yatim, giat itu juga dirangkai dengan ceramah Islam oleh Ustadz Nurul Ikhsan hingga waktu berbuka puasa tiba.