TOBA - Bupati Toba, Poltak Sitorus di dampingi Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak di Apel Gabungan Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Lapangan Kantor Bupati Toba, Senin (18/4/2022) menyampaikan Pemerintah Kabupaten Toba telah menerima Sertifikat Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Toba dari Kementerian Hukum dan Asasi Manusia. Dengan telah terbitnya IG atau sertifikat paten Kopi Arabika Toba kepada Pemkab Toba sebagai bukti kepada masyarakat dan Dunia bahwa daerah Toba memiliki produk Kopi terbaik, dimana selama ini masyarakat luas kurang mengenal apa produk dari Toba.

"Disaat kunjungan kerja Presiden Jokowidodo ke Kabupaten Toba di tahun 2016 lalu, Kopi Toba terbik inilah yang disajikan untuk dinikmati Pak Presiden bersama petinggi negara yang ikut serta dalam rombongannya kala itu di Kedai Kopi Partukkoan Balige pada tahun 2016 lalu," ujarnya.

Atas kunjungan presiden RI Jokowidodo tersebut, Pemkab Toba saat itu dibawah kepemimpinan Ir Darwin Siagian dengan jajarannya mengajukan pengurusan Sertifikat Indikasi Geografis (IG).

Dengan bergantinya kepemimpinan kepala daerah Kabupaten Toba kepada Bupati Ir.Poltak Sitorus dengan wakilnya Tonny Simanjuntak menindak lanjuti pengurusannya hingga keluar di April 2022 ini.

"Kopi kita diminum orang, tapi orang tak kenal kopi itu, (makanya) Pemkab Toba mengajukan IG-nya kepada Kemenhumkam RI dan hasilnya sudah keluar," ujar Bupati Poltak.

"Kita ingin mensosialisasikan ini kepada masyarakat, pengusaha/pemilik warung kopi, supaya mereka juga bisa menjual ini, ini endingnya marketing. Bukan hanya sertifikat," sebutnya.

Hasil dan capaian ini juga atas dukungan Pers/Wartawan selama ini, sehingga Kopi di Toba dapat diketahui masyarakat luas, tidak hanya dikenal di Indonesia, bahkan di dunia.tenyinya "Ini tidak ada artinya kalau kita tidak lakukan promosi, marketing," katanya.

Ditegaskan Bupati, untuk kedepan, melalui Dinas Koperindag akan mengundang para pelaku usaha kopi dan UMKM, untuk menjelaskan IG ini untuk diketahui, serta mereka lebih percaya diri dan para petani makin lebih bersemangat untuk meningkatkan produksi dan penjualannya.

Sebelumnya Bupati Poltak Sitorus sebagai Pembina Upacara HKN menyampaikan supaya para ASN lebih hati-hati dalam penyusunan konsep surat dan surat keputusan (SK) supaya jangan ada kesalahan konsep.

Juga menyampaikan syukur dan selamat kepada siswa/i SMP Kabupaten Toba yang berhasil masuk "merebut kursi" di SMA Unggul Del sebanyak 25 kursi, dan SMA Tunas Bangsa (dulu Yasop) sebanyak 30 kursi.

Disampaikan Bupati, tahun 2022 ini, Kabupaten Toba adalah penyumbang kedua pelajar yang berhasil lolos ke SMA Unghul Del dan SMA Tunas Bangsa (Yasop), setelah Kota Medan.

Ditegaskan Bupati, hal ini tidaklah bisa dicapai dengan mudah. Untuk itu Pemkab Toba juga memberikan beasiswa kepada anak-anak tersebut, yang orangtuanya tidak mampu.

Menjelang liburan Hari Raya nanti, bupati berpesan agar para ASN menjaga kesehatan badan dan rohani.

"Mari isi pikiran dengan hal positif .Jangan pesimis tetapi optimis," sebutnya.

"ASN juga harus menjadi contoh untuk menjaga kebersihan lingkungan.Mari giatkan kembali budaya gotong royong. Semua OPD saling berkoordinasi," sambungnya.