MEDAN - Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah loket bus antar lintas Sumatera (ALS), Jalan Sisingamangaraja Medan masih terlihat sepi dan belum dipadati penumpang.

Pantauan Gosumut.com, terlihat loket bus tersebut tidak ada terjadinya peningkatan penumpang, dan tidak adanya kepadatan yang terjadi di lokasi loket.

Alwi Matondang, selaku Humas PT. ALS mengatakan belum ada jumlah peningkatan dalam pesanan tiket manual maupun secara online.

Dia menjelaskan, setiap hari bus berangkat sebanyak 25 bus. Namun setiap bus hanya berisi belasan penumpang dari total kursi sekitar 30 penumpang, bisa sekitar 10% dari total penuh. Bahkan, ada beberapa bus yang kosong karena sepinya penumpang.

"Kalau sampai saat ini belum terjadi peningkatan baik tujuan ke Jawa maupun ke tujuan kota-kota yang ada di Sumatera. Kalau dari Medan sekarang paling yang terisi antara 10% sampai 20% dari yang tersedia," kata Alwi Matondang, Senin (18/4/2022).

Melihat dua pekan ini belum juga ada peningkatan yang signifikan dari jumlah penumpang yang akan berangkat. Dia memprediksi lonjakan penumpang dari Sumatera akan terjadi di sepekan sebelum lebaran tiba. Untuk di pulau Jawa diprediksi sekitar 21 April hingga 24 April.

"Kalau kita prediksi terjadi lonjakan untuk di Sumatera itu dari tanggal 27- 28- 29. Kalau pulau Jawa itu terjadi itu prediksi tanggal 21-22-23-24."ucapnya.

Alwi Matondang menerangkan, adanya terjadi kenaikan harga tiket bus pada perusahaan transportasi ini sekitar Rp. 30 hingga Rp 50 ribu.

Ia menjelaskan, kenaikan harga lantaran perusahaan kesulitan mendapatkan BBM Solar bersubsidi sehingga terpaksa membeli BBM solar nonsubsidi yang harganya jauh lebih tinggi.

"Biasanya, setiap bus yang berangkat memerlukan biaya sekali jalan sekitar Rp 7 juta. Namun saat ini bertambah menjadi Rp 10 juta sekali jalan"ujarnya

"Sebetulnya terpaksa kita sesuaikan karena terjadi kelangkaan BBM jenis solar jadi menambah biaya operasional kita sekitar 3 juta sekali jalan untuk tujuan Medan Jakarta," tutupnya.


Berikut daftar harga Tiket Bus ALS Rute Sumatera - Pulau Jawa :
Daftar harga tiket Medan - Jakarta dengan fasilitas AC dan Toilet Rp 550 ribu. Sementara harga fasilitas air conditioner saja (AC) Rp 455 ribu dan Medan-Malang, AC Toilet Rp 690 ribu.