DELISERDANG - Memeriahkan syiar bulan puasa Ramadhan 1443 H, Baitul Muslimin Indonesia (BAMUSI) DPC Kabupaten Deli Serdang melaksanakan Lomba Marhaban memperebutkan Piala Dr. Sutarto, M.Si., (Pembina BAMUSI Sumut/Anggota DPRD Sumut dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut). Lomba dilaksanakan di Lapangan Reformasi Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan, Sabtu (16/4/2022). Ketua BAMUSI Deliserdang, Abdul Rahman, menyebutkan lomba yang baru pertama kali dilaksanakan ini, diikuti 12 grup Marhaban dari Majelis Taklim/Perwiridan se Kabupaten Deliserdang.

Tiga dosen UIN Sumut ditunjuk sebagai Dewan Juri. Yakni Dr. HM. Basri, MA., Muammar Lubis, S.Pd.I., dan Ramawiyah, M.Pd.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut, Drs Rapidin Simbolon MM, dalam sambutannya menyatakan, BAMUSI sebagai salah satu Ormas Sayap PDI Perjuangan, diharapkan secara intens melakukan berbagai kegiatan yang bernafaskan Islami, di tengah-tengah masyarakat .

Kegiatan Lomba Marhaban ini, membuktikan komitmen PDI Perjuangan terhadap nilai-nilai Islami yang harus terus dirawat dan digelorakan dan sekaligus membangun silaturahmi untuk kebaikan.

"Saya bangga, BAMUSI Deli Serdang, yang baru dilantik langsung tancap gas membuat kegiatan yang melibatkan group Ibu-Ibu Majelis Taklim. Sebagai rasa syukur, saya berikan tambahan hadiah dana pembinaan," ujar Rapidin Simbolon, yang langsung disambut meriah oleh ibu-ibu peserta.

"Ke depannya, saya minta BAMUSI dapat terus melaksanakan kegiatan seperti ini di setiap Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang," ujar Rapidin Simbolon, mantan Bupati Samosir ini.

Sementara itu, Dr Sutarto MSi, dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa apa yang dilaksanakan oleh BAMUSI Kabupaten Deli Serdang ini, sangat baik dan strategis, patut diapresiasi dan kita dukung sepenuhnya, kita harapkan akan terus dilaksanakan secara terjadwal.

Ketua PDC PDIP Kab. Deliserdang, Eko Supianto, dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan BAMUSI ini membuktikan bahwa PDI Perjuangan adalah Partai nasionalis - religius, partai yang Islami.

Untuk para juara memperoleh Piala Dr. Sutarto, M.Si., dan dana pembinaan, masing-masing untuk Juara Pertama Rp 4 juta, Juara Kedua Rp 3,5 juta, Juara Ketiga Rp 3 juta, juga untuk juara Harapan 1 s/d 3.

Dalam perlombaan kali ini, Group Majelis Taklim Al Munawaroh berhasil meraih Juara Pertama. Disusul oleh Majelis Taklim BAMUSI Percut Sei Tuan sebagai Juara Kedua, Majelis Taklim Pujakesuma Kabupaten Deli Serdang sebagai Juara Ketiga. Kepada untuk seluruh group peserta, juga diberikan bantuan pembinaan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD PDIP Sumut, Rapidin Simbolon, Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto, serta Ketua DPC PDIP Deliserdang Eko Supianto, memberikan Santunan kepada 100 orang, Anak Yatim serta bantuan untuk Berbuka Puasa, berupa berupa Gula, Teh, Kopi dan Susu untuk 50 Mesjid.

Hadir pada kegiatan tersebut H. Jumiran Abdi, H. OK Hendri, Anggota DPRD Deliserdang Sahminan Nasution, Ismail Marzuki, Ka. KUA Percut, para ustad/ tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas Lintas Agama dan beberapa Ormas Kepemudaan. *