SIBOLGA - Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, membuka secara resmi Launching E-Pajak Daerah dan E-Retribusi Daerah Kota Sibolga, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota, pada Kamis (14/04/22) sore. Khusus E-Parkir untuk tahap awal diterapkan di tiga titik Kota Sibolga.

Jamaluddin Pohan mengatakan penerapan program ini untuk mengoptimalkan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pembayaran retribusi dan pajak daerah. Dengan menggunakan sistem pembayara elektronik maka Pemkot Sibolga akan lebih mudah mengontrol pemasukan PAD dari pembayaran pajak dan retribusi.

“Saya sangat berharap dengan adanya launching e-Pajak Daerah dan e-Retribusi Daerah dapat mengoptimalisasi penerimaan pajak sehingga tercapai, sekaligus mempermudah pelayanan khususnya dalam pembayaran pajak. Ini juga merupakan salah satu rintisan Smart City, yang tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk tahap awal, lanjutnya, pembayaran non-tunai akan diterapkan di tiga titik yakni, RSUD Sibolga, Cafe Matari Jalan S.Parman, dan Jalan Sutomo. Dengan adanya pembayaran e-Parking ini dapat meningkatkan pelayanan perparkiran di Kota Sibolga dan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat.

"Saya berharap dengan adanya program ini pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Pemko Sibolga dapat meningkatkan pemanfaatan kanal-kanal pembayaran digital untuk transaksi penerimaan maupun pengeluaran daerah bekerjasama dengan PT. Bank Sumut," ucap wali Kota Sibolga.

Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto dikesempatan tersebut juga mengatakan guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, pihaknya siap melakukan kolaborasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam implementasi transaksi pebayaran retribusi dan pajak daerah secara elektronik di Sibolga.

"Dengan launching ini, kita berharap masyarakat dapat dengan mudah menikmati layanan digital bank tanpa harus datang ke kantor Bank Sumut," terangnya.

Kepala BI Sibolga, Aswin Kosotali, juga turut mendukung E-Pajak Daerah dan E-Retribusi Daerah Kota Sibolga. "Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih dan selamat, kepada Bapak wali Kota Sibolga, kita akan mendukung penuh kegiatan ini, dengan harapan dapat meningkatkan transaksi terkait dengan digitalisasi sistem pembayaran di Kota Sibolga," melasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda, M. Yusuf Batubara, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Sibolga, Ichwan Simatupang, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Josua Hutapea, Asisten Administrasi Pembangunan dan Umum, Hendra Darmalius, Pimpinan Cabang PT. Bank Sumut Kota Sibolga Muhammad Fadhil, serta perwakilan Unsur Forkopimda.*