MEDAN - Mobil listrik mid-size terbaru produksi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), IONIQ 5 diperkenalkan bagi masyarakat Kota Medan melalui ajang pameran Hyundai di Sun Plaza mulai 13 hingga 17 April 2022. Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Rabu (13/4/2022) menyebutkan kehadiran IONIQ 5 mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari masyarakat Indonesia. Sebab sejak diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, produk ini telah membukukan lebih dari 800 pemesanan, lebih dari 3.000 permintaan test-drive.
 
“Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia khususnya atas sambutan
yang luar biasa kepada Hyundai. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia," ujarnya.
 
Dia berharap pameran yang digelar ini dapat menjawab keingintahuan dan rasa penasaran pelanggan, dan mobil listrik mid-size terbaru yang dibuat di Indonesia ini. 
 
Dijelaskannya, IONIQ 5 merupakan mobil listrik murni pertama Hyundai yang mendefinisikan kembali tampilan dan sensasi mobilitas dengan konsep berkelanjutan. Mobil listrik mid-size ini menawarkan pengalaman ramah lingkungan yang terdepan dengan mengaplikasikan beberapa material ramah lingkungan pada bagian interiornya. 
 
Disebutkannya, pada pameran kali ini, selain IONIQ 5 para pengunjung juga bisa melihat lini produk unggulan yang dipamerkan Hyundai, yaitu CRETA, STARIA, All-New Palisade dan New Santa FE. 
 
IONIQ 5 juga menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.
 
E-GMP memiliki berbagai manfaat seperti, peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang bertenaga, peningkatan jarak tempuh berkendara, penguatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.
 
Selain itu, E-GMP juga dirancang untuk meningkatan performa di kondisi tikungan dan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi. Hal ini diperlukan untuk distribusi bobot yang optimal antara bagian depan dan belakang, desain ini juga memungkinkan pusat gravitasi rendah karena adanya low-mounted battery pack, dan implementasi motor listrik yang terletak di ruang yang
sebelumnya ditempati oleh mesin. Platform ini mengamankan baterai melalui struktur pendukung
yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi.