PALAS - Intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang menerjang dua unit rumah warga di Desa Bulusonik, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas), Rabu (13/4/2022). Peristiwa terjadi sekira pukul 17.00 WIB di saat hujan yang cukup lebat disertai angin kencang menyebabkan rusaknya rumah warga dengan kondisi atap seng penutup rumah terbang berhamburan ke jalan umum. Kejadian ini sempat menimbulkan kemacetan lalulintas.
 
Mantan Kepala Desa Arsesimatorkis, Maragende Hutasuhut menjelaskan kencangnya angin disertai hujan pada sore ini berimbas menerjang dua rumah warga di Desa Bulusonik.
 
"Kondisi atap rumah warga yang terkena angin kencang tersebut lepas dari bangunan rimah dan berhamburan kejalan umum," terangnya.
 
Kata Margende, tidak ada korbam jiwa dalam perustiwa tersebut tetapi dua rumah warga mengalami rusak dengan kondisi atap seng bangunan rumah lepas dan  berhamburan.
 
Atas seng rumah warga yang berhamburan ke jalan umum,lanjutnya telah dibersihkan dan dipinggirkan kebadan jalan agar tidak menganggu arus lalulintas jalinsum Bulosonik - Sibuhuan.
 
"Dua rumah warga yang terdampak terjangan angin kencang disertai hujan yang cukup deras sore ini," tambahnya.
 
Ia juga mengimbau, masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena intensitas hujan yang cukup tinggi diserta angin kencang dikhawatirkan memiliki potensi bahaya karena kondisi cuaca saat ini sedang ekstrem.
 
"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya cuaca ekstrem, khususnya angin kencang  dengan tidak berada dibawah pohon yang mudah patah," lanjutnya.
 
Selain itu kata dia, kondisi pemukiman warga terkait ketahanan bangunan juga perlu diwaspadai agar tidak berisiko terhadap keselamatan dan lainnya.