TOBA - Wakil Bupati (Wabup) Toba Tonny Simanjuntak menyerahkan bantuan bibit pohon sebanyak 2.672 batang bibit pohon dari berbagai jenis. Langkah ini sebagai upaya Pemkab Toba menggalakkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan dengan kembali menaman pohon.

Toba Tonny Simanjuntak penyerahan bantuan bibit pohon dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (Sumut) langsung kepada masyarakat di empat desa di kawasan Geopark Kaldera Toba, di Kecamatan Tampahan dan Kecamatan Balige, Rabu (13/4/2022).

Tonny berharap bibit pohon yang diterima masyarakat ini ditanam dan dirawat dengan baik serta menjaga pertumbuhan dan perkembangannya.

Wakil Bupati Toba juga meminta jika memungkinkan ke depannya jumlah pohon yang diberikan bisa ditambah, terutama untuk kawasan wisata geopark yang ada di Toba ini.

Untuk kepedulian penanaman pohon dalam upaya melestarikan lingkungan hidup lanjutnya, juga akan dilakukan melalui gerakan tahun kesehatian Gereja HKBP.

"Kita harapkan bisa dilaksnakan dalam bentuk program peduli lingkungan hidup dan gereja dengan melakukan penanaman pohon serentak di Kabupaten Toba," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Tonny menyebutkan bibit pohon yang diterima tersebut diantaranya, alpukat, aren, duku label biru, jengkol, kayu manis, matoa, nangka dan rambutan yang telah disertifikasi.

Usai serah terima, selanjutnya acara dirangkai dengan penanaman sejumlah bibit pohon di beberapa titik lokasi oleh Dinas LHK Kabupaten Toba bersama dengan Dinas lingkungan Hidup Provinsi Sumut di sekitaran kawasan Bukit Singgolom.

Bibit pohon yang diterima dibagikan untuk kawasan Geoside Kaldera yang terbagi di empat desa yakni : Desa Lintong Nihuta dengan kelompok tani Siparmanukan 750 bibit, Desa Tarabunga kelompok Tani Hutan Bunga Nauli 585 bibit, Desa Lumban Silintong kelompok tani Lumban Binanga 587 bibit, Desa Meat kelompok tani Pansinaran 600 bibit dan gereja HKBP sebanyak 150 bibit.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Provsu melalui Kepala UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba, Abner Tarigan menyampaikan, melalui program Pengelolaan Geopark dikhususkan hanya pemberian bibit pohon.

Program ini diharapkan mengangkat partisipasi masyarakat dalam kepeduliannya untuk pengawasan pengelolaan kawasan geopark.

Sesuai dengan pola tanamnya untuk mempercepat proses pertumbuhan bibit pohon disampikan Abner kepada masyarakat untuk jarak tanam pohon sepanjangan 7 meter dan jarak antar baris 8 meter dengan kedalaman tanam baiknya setinggi polybag, supaya bibit pohon dapat tumbuh baik.

"Kita berharap mulai dari masa tanam saat ini hingga di dua bulan ke depan semua bibit pohon sudah selesai ditanam. Dengan penanaman pohon yang kita lakukan ini menjadi salah satu sumbangsih kepedulian kita bagi alam dan lingkungan hidup kita," sebutnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Sekdakab Toba Drs Augus Sitorus beserta sejumlah staf ahli bupati dan beberapa kepala OPD terkait.