JAKARTA - Polri memprediksikan sebanyak 85 juta orang akan mudik Lebaran di 2022 ini. Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi, memprediksi 47 persen dari 85 juta masyarakat yang mudik Lebaran tahun ini akan menggunakan transportasi darat.

"Firman menyebut 47 persen masyarakat akan menggunakan transportasi darat," demikian kutipan siaran pers kepolisian, Minggu (10/4/2022).

Berdasarkan siaran pers itu, Firman mengungkap prediksi ini usai menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan pihak-pihak terkait.

Dalam pertemuan itu, Firman mengajak seluruh elemen untuk bekerjasama agar mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan nyaman.

"Informasi yang kami dapatkan adalah kita akan melayani 85 juta masyarakat yang akan mudik," tutur Firman.

Ia kemudian berkata, "Tentunya angka ini bukan angka kecil dan ini bisa berhasil jika kita semua, masyarakat dan petugas, bisa saling mengomunikasikan hal-hal yang dapat dikerjakan sehingga semua bisa terlayani dengan baik."

Firman mengatakan, pengaturan arus lalu lintas di jalur darat tengah dipersiapkan agar seluruh masyarakat yang mudik bisa terlayani.*