DELISERDANG - Ketersediaan dan harga pangan saat ini tengah menjadi sorotan. Beberapa stok pangan sempat ada yang langka dan harganya melonjak tajam. Selain minyak goreng yang sebelumnya mengalami kenaikan pesat dan juga ketersediaan sulit didapatkan. Teranyar, gula pasir juga mengalami kenaikan di pasar. 
 
Terpantau Gosumut, kenaikan gula pasir terlihat di salah satu pasar tradisional Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Harga gula pasir di pasar itu melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang diimbau Kementerian Perdagangan (Kemendag). 
 
Kini harga gula pasir di pasar tradisional Lubuk Pakam mencapai Rp14.000 hingga Rp15.000 per kg, sedangkan dari harga Kemendag hanya Rp12.5000 per kg. 
 
Tentu hal itu menuai keluhan baik dari pedagang sendiri maupun masyarakat sebagai pembeli. 
 
Menurut Pedagang Bustaman Purba, kenaikan gula sejak tiga hari yang lalu. Harga sebelumnya hanya Rp13.000 sampai Rp13.5000 per kg, kini mencapai Rp14.500 per kg. 
 
"Beda-beda harga gula pasir. Kalau saya sekarang Rp14.000 yang lain gak tau, karena ini gula masih gula minggu lalu. Kalau hari ini belanja kurasa lain lagi," kata Bustaman kepada Gosumut, Kamis (7/3/2022). 
 
Namun begitu kata Bustaman, stok gula di pasar tradisional Lubuk Pakam masih belum sulit didapatkan. 
 
"Naik gula pasir dikit bang, tapi masyarakat gak banyak komplain gak kayak minyak sebelumnya, udah harga mahal sulit didapatkan," ucap Bustaman.