SERGAI - Dimasa Kepemimpinan satu tahun, Bupati Sergai H Darma Wijaya dan Wakil Bupati H Adlin Umar Yusri Tambunan tetap terus memprioritas 7 program Sapta Dambaan di Kabupaten Serdang Bedagai. Usai dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada tanggal 26 Februari 2021, pasangan dengan slogan Darma Wijaya-Adlin Tambunan (DAMBAAN) yang memiliki Misi dan Visi Sejahtera, Mandiri dan Religius, terus digapai.

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan yang saat ini terus mendorong seluruh Jajaran untuk mensukseskan program andalan yaitu 7 Sapta Dambaan.

Adapun program andalan yaitu 7 Satpa Dambaan yaitu 1, Sekolah Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas, 2, Masyarakat Sehat dan Religius. 3, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan. 4, Infrastruktur Terintegrasi, 5, Ekonomi Berdaya Saing,6, Wisata Maju Terus dan 7, Birokrasi Dambaan.

Salah satu program SAPDA yang menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai adalah Masyarakat Sehat dan Religius dan berkelanjutan.

Salah satu warga, Suliyono (45) warga Kecamatan Tanjung Beringin menuturkan, bahwa program-program visi dan misi Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan sangatlah tepat untuk menjadi pemimpin yang berkelanjutan.

"Kenapa saya sampaikan pemimpin berkelanjutan, lanjut Suliyono yang akrab disapa Yono. Menurutnya kegiatan program seperti Safari Jumat maupun lainya adalah sebuah kegiatan yang sangat baik dan positif untuk masyarakat Sergai maju terus. Kemarin, Bupati dan Wakil Bupati Sergai menggelar kegiatan safari Jumat dan melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Taufiq Hidayah di Desa Pekan Tanjung Beringin, ini suatu penghargaan buat kami sebagai masyarakat sini sosok pemimpin yang mau berbaur bersama warga," ucap Suliyono.

Lanjut Suliyono, bahwa program Safari Jumat merupahkan menjadi impian masa depan, karna kegiatan seperti ini tak akan lupa dimasa kepimpinananya Bupati Dambaan yang tak akan hilang kedepanya.

Namun jika usai kepemimpinan maka Jumat Safari tetap menjadi kenang- kenangan buat mereka sebagai masyarakat bahwa program Safari Jumat merupahkan program Bupati Dambaan menjadi masyarakat yang religius.

"Mudah-mudahan program Visi dan Misi Bupati Dambaan terus berkelanjutan hingga mencapai impian untuk mewujudkan Kabupaten Serdang Bedagai yang Mandiri, Sejahtera dan religius," pungkas Suliyono.

Sebelumnya juga pernah disampaikan oleh Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Drs H Akmal AP, M.Si, saat mendampingi Bupati dan Wabup melaksanakan kegiatan tersebut di Masjid Taufiq Hidayah Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Jumat (4/3/2022) lalu.

Akmal menuturkan bahwa kegiatan safari Jumat, dengan melaksanakan salat Jumat berjamaah di Masjid Taufiq Hidayah Desa Pekan Tanjung Beringin. Hal itu dilakukan, untuk mewujudkan masyarakat yang religius sesuai dengan program Sapta Dambaan (Sapda).

Menurutnya, bahwa apa yang dilakukan ini untuk menjadikan masyarakat religius, merupakan perwujudan dari program andalan Sapta Dambaan.



“Jadi Pak Bupati dan Pak Wabup terhitung mulai hari Jumat lalu (25/2/2022), sudah melakukan salat Jumat di Masjid yang menjadi persinggahan maupun Masjid yang dekat dengan beliau melakukan aktivitasnya,” terang Akmal.

Lebih lanjut disampaikan Akmal, bukan hanya kegiatan safari Jumat ini saja yang dilakukan. Sebelumnya Pemkab Sergai juga sudah menggelar Pengajian Safari Pengajian Dambaan, yang dilakukan setiap malam Jumat berkeliling di 17 kecamatan dengan menyertakan ulama serta tokoh masyarakat di dalamnya.

Ini dilakukan untuk membagi ilmu serta menyampaikan program pembangunan kepada masyarakat.

Hal ini, kata Akmal lagi, merupakan salah satu perwujudan dari Sapta Dambaan yang saat ini sedang getol dilakukan pimpinan di Tanah Bertuah Negeri Beradat, dan akan menjadi agenda rutin dari pimpinan.

Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan, juga sudah melaksanakan program Gerakan Amal Saleh (GAS) bagi umat Islam, dan Gerakan Aksi Kasih (GAK) untuk umat Kristiani. Kedua program ini menyasar kepada masyarakat.

“Program GAS diberikan kepada masyarakat dengan sasaran guru mengaji dan bilal mayat, sedangkan untuk program GAK menyasar bagi guru minggu,” imbuhnya.

Usai melaksanakan salat Jumat, Bupati dan Wabup Sergai bersama masyarakat yang melaksanakan salat Jumat duduk bersama bercengkrama sambil menikmati makan bersama disekitar masjid."pungkas Kadis Kominfo Sergai beberapa bulan lalu.

Realisasi visi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang Maju Terus; mandiri, sejahtera, dan religius, terus dilaksanakan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP.

Bahkan baru baru ini. Bupati Sergai juga tampak hadir dan mendukung kegiatan wisuda Hafizh Quran yang digelar di lapangan SMP Islam Terpadu (IT) Dewani Akbar Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (1/4/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap terlaksananya kegiatan pada hari ini. Dirinya menyebut, kegiatan ini merupakan dukungan yang penting dalam perwujudan Sergai yang Religius.

“Secara khusus saya menyampaikan terima kasih kepada Ibu Sugiatik yang berkontribusi besar dalam proses berdiri dan berkembangnya SMP IT Dewani Akbar,” ucap Bupati kepada Ketua Yayasan Bunda Hj. Sugiatik, S.Ag, yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Sergai.

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini mengatakan jika sekolah ini berhasil menghasilkan para Hafizh Quran berkat keyakinan yang tinggi yang kemudian terimplementasi dalam kualitas edukasi yang dihasilkan.

“Kita memerlukan generasi penerus yang berkualitas. Yang tidak hanya unggul dalam penguasaan IPTEK namun juga dalam aspek religiusitasnya. Semoga ke depan, SMP IT Dewani Akbar tetap mampu meluluskan generasi muda berkualitas yang nantinya dapat berkontribusi membantu mewujudkan Sergai yang Maju Terus,” harap Bupati.

Terakhir, dalam suasana menyambut bulan puasa yang sebentar lagi menjelang, tak lupa Bang Wiwiek menyampaikan mohon maaf lahir dan batin.

“Meski saat ini kita belum benar-benar lepas dari pandemi Covid-19, namun semoga itu tidak mempengaruhi kegembiraan kita dalam menyambut bulan suci ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka dengan pemberian santunan kepada fakir miskin. Santunan ini diserahkan dalam bentuk sembako oleh Bupati Sergai.

Kemudian acara dilanjutkan dengan uji kemampuan Tahfiz Quran cilik dalam menghafal ayat suci Al-Quran oleh Hafiz cilik Revan dan Revin yang keduanya merupakan tuna netra.