MEDAN - Sebanyak 205 Personel Satgas Amole Brimob Polda Sumut telah pulang dari Papua. Kepulangan mereka itu disambut langsung Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Sebelumya mereka ditugaskan ke Papua selama enam bulan. Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Sumut AKBP James Hutagaol mengatakan personelnya pulang dalam jumlah lengkap.

"Kami personel yang berangkat dan pulang berjumlah lengkap 205 personel," kata AKBP James Hutagaol, Sabtu (2/4/2022).

James mengatakan, sebelum dikirim ke Papua mereka mempersiapkan diri dengan latihan rutin selama sebulan di Mako Brimob Cikeas.

Setelah itu barulah mereka dikirim ke objek vital di Papua salah satunya PT Freeport Indonesia untuk menjaga perusahaan yang bergerak pertambangan mineral emas tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan kegiatan patroli di jalur rawan rutin selama berada disana.

"Penjagaan objek vital yang kita ketahui PT Freeport tersebut merupakan salah satu objek vital Nasional dan kami juga melakukan kegiatan pengawalan dan Patroli wilayah jalur rawan dan untuk memastikan berjalan secara normal dari PT Freeport tersebut," ucapnya.

Lanjutnya, Brimob Polda Sumut tidak setiap tahun mengirimkan personel ke Papua. Namun tahun 2021 hingga awal tahun 2022 personel mereka dan Polda Aceh diminta bergabung dalam satgas amole.

"Tidak setiap tahun kita mengirimkan personel kesana, kalau setiap tahun rutin itu dari Mako Korbrimob dan kami kemarin ditunjuk dari Satbrimob Polda Sumut 2 SSK 205 personel dan ditambah 2 SSK sejumlah 203 dari Satbrimob Polda Aceh," pungkasnya.