SEMARANG - Healthy Cities Summit 2022 (HCS) atau summit Kabupaten/ Kota Sehat 2022 telah usai digelar di Kota Semarang pada 27-30 Maret 2022 lalu. Sebuah gelaran untuk membangun komitmen bersama dari daerah di Indonesia yang merupakan perwakilan Kemendagri, Kemenkes, Forum Provinsi Sehat, Forum Kabupaten/Kota Sehat dan Perwakilan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia. Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022 ini dirangkai dengan berbagai kegiatan berupa seminar, expo, parallel event, Sharing Discussion and Best Practices dan pertunjukan kebudayaan Kota Semarang sebagai tuan rumah. 
 
Kemendagri dalam hal ini, menggandeng beberapa lembaga di bidang pengendalian zat adiktif untuk ikut menyemarakkan kegiatan Expo yang berlangsung di plataran Hotel Patra, Kota Semarang. Bersama Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT), Yayasan Pusaka Indoenesia, FAKTA Indonesia, Protc, Yayasan Kakak, Pemuda Penggerak, IYCTC dan Campaign for Tobacco Free Kids (CTFK). Kemendagri mengusung tema #kerentanparokok pada booth pameran Expo. Tema ini diangkat sebagai bentuk dorongan masyarakat dalam menciptakan dan mengoptimalkan peran Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sebagai salah satu modal untuk mencapai kesejahteraan.
 
Dalam kegiatan Expo yang dimaksud, Kemendagri dan lembaga-lembaga tersebut menyiapkan booth dan pojok-pojok informatif seperti Pojok Pernyataan dari Presiden RI Joko Widodo, Walikota Bogor Bima Arya dan lainnya tentang rokok.
 
Pojok Klinik Hukum membuka sesi diskusi untuk penyusunan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) , Kampung Bebas Rokok, Protc dan Aplikasi pengawasan KTR yakni Pantau KTR. 
 
Tidak hanya itu, terdapat juga Pojok Bermain, yang mengajak pengunjung bermain quiz dengan pertanyaan-pertanyaan seputar KTR di Indonesia. 
 
Selama 3 hari Expo berlangsung, banyak pengunjung yang menghampiri booth Kemendagri. Beberapa diantaranya adalah Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia. Momentum ini juga digunakan untuk mengajak para Pejabat Daerah tersebut menuliskan harapan di Lembar Harapan untuk anak-anak muda Indonesia agar tidak merokok.
 
1 hal besar yang dapat ditemui dalam Booth Kemendagri ini berdasarkan diskusi yang dibangun dengan para pengunjung, yakni regulasi KTR dan Kabupaten/Kota Sehat sudah ada namun tidak terselenggara sebagaimana mestinya. Para pengunjung berharap, adanya kolaborasi dan sinergi yang dihasilkan dari Summit KKS 2022 ini dapat melahirkan ide, gagasan dan ketajaman implementasi KTR dan KKS di Indonesia.
 
Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walikota Kota Semarang dan seluruh warga yang telah berisiatif mengambil peluang untuk menyelenggarakan event nasional yang sangat penting yaitu Helathy City Summit. 
 
Menteri Kesehatan RI juga berharap semua pihak dapat berkontribusi, baik Pemerintah Daerah, swasta maupun masyarakat untuk selalu memperhatikan aspek kesehatan dalam setiap kegiatan sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang tinggi sebagai modal dasar untuk mencapai kesejahteraan.
 
Dalam sambutan Mentei dalam Negeri M.Tito Karnavian melalui videonya menyambut baik Healthy City Summit 2022 dan berharap agenda ini tak hanya dijadikan sebagai ajang ceremony tetapi benar benar mewujudkan kota dan kabupaten yang sehat untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Sementara itu, Yayasan Pusaka Indonesia yang ikut menjadi undangan dalam Healthy City Summit berharap agenda ini menjadi momentum menguatkan masyarakat untuk ikut menjaga kota dan kabupaten yang sehat dan berkontribusi seperti ikut memantau aktivitas menjaga kawasan tanpa rokok. Karena hal itu masih diabaikan banyak daerah sebagai salah satu instrumen menjaga kabupaten dan kota yang sehat.