MEDAN - Kesebelasan Karo United berhasil menjadi juara Liga 3 Nasional putaran 2021-2022 setelah tersebut menang melawan Putra Delta Sidoarjo saat laga final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (30/3/2022).

Kemenangan tersebut didapat setelah kedua tim berjibaku di kedua babak dengan skor bertahan imbang 3-3. Sengitnya pertandingan membuat kedua tim harus menentukan nasibnya hingga babak adu pinalti.

Beruntungnya Dewi Fortuna masih memihak tim berjuluk Laskar Simbisa sehingga berhasil unggul dengan skor 4-2 atas tim tuan rumah.

Dari empat pemain Karo United yang ditunjuk sebagai eksekutor, yaitu Aidun, Fasial Romadoni, Rian Tamol, dan Aditya, semuanya berhasil mengecoh kiper lawan. Sementara, dari empat pemain Putra Delta Sidoarjo yang menjadi algojo penalti, hanya dua yang berhasil masuk ke gawang Karo United.

Sebelumnya, pertandingan perebutan juara Liga 3 Nasional ini berlangsung cukup panas. Hal itu tampak dari 11 kartu kuning dan 3 kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit. Kardi Tarigan yang menjadi andalan Karo United harus keluar karena diganjar dua kali kartu kuning, sedangkan PDS harus bermain dengan sembilan orang setelah 2 pemain diganjar kartu merah dan 10 pemain diganjar kartu kuning.

Awalnya tim Karo United sempat memimpin dengan skor 3-2, keluarnya Kardi di menit 86 membuat kesebelasan Karo United pincang, hal itu langsung dimanfaatkan pemain PDS untuk menekan pertahanan Karo United, hasilnya di menit 89 PDS berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 3-3 hingga babak adu pinalti.

Kemenangan tersebut membuat kesebelasan Karo United berjaya dan akan melakoni debutnya di Liga 3 pertengahan tahun nanti.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Munarta Ginting menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas menangnya Laskar Simbisa dan mampu melaju ke Liga 2 Indonesia dengan keluar sebagai juara di Liga 3.

"Kami Pemerintah Kabupaten karo mengapresiasi tim kesayangan seluruh masyarakat Karo yang berhasil memenangi laga final Liga 3, dan bangga terhadap seluruh tim yang mengharumkan nama Karo di kancah nasional," Kata Munarta.

Ia juga berharap agar kemenangan tersebut menjadi motivasi kepada seluruh pemuda Karo untuk berani mengambil langkah prestasi dan mempu bersaing di tingkat nasional.

"Semoga ini menjadi motivasi untuk seluruh pemuda karo dan kita punya potensi untuk menjadi juara di tingkat nasional maupun internasional," tambah Munarta.

Rencananya setelah tiba di Karo, Tim Laskar Simbisa akan disambut dan diarak-arak keliling kota Berastagi dan Kabanjahe untuk merayakan kemenangan tersebut kepada seluruh Masyarakat Karo.*