SAMOSIR - Guna mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan serta melihat langsung kondisi aktivitas masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom dan Wakil Bupati, Martua Sitanggang direncanakan akan melaksanakan aktivitas berkantor di Desa.

Sesuai surat Nomor : 600/791/PEMB/III/2022 tertanggal 28 Maret 2022 yang ditandatangani langsung oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Samosir, Hotraja Sitanggang, jadwal Bupati dan Wakil Bupati Samosir berkantor di Desa akan dimulai besok, Kamis (31/3/2022), sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB di Desa Sabulan, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir.

Untuk mensukseskan kegiatan itu dan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir mengerahkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) agar menyiapkan alat berat dan peralatan pendukung lainnya untuk penanganan infrastruktur desa.

Kemudian, Dinas Kesehatan untuk menyiapkan tenaga kesehatan, obat-obatan dan vaksin Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyiapkan pelayanan dokumen kependudukan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk menyiapkan kebutuhan dalam melaksanakan penyuluhan pertanian dan peternakan sekaligus pengolahan pupuk organik.

Dinas Sosial, Pemberdayaan dan Desa untuk memfasilitasi penyusunan dokumen perencanaan desa dan tindakan dan tindakan pemberdayaan masyarakat, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga agar melaksanakan monitoring pembelajaran sekaligus sarana dan prasarana sekolah, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan untuk mempersiapkan dokumen penyuluhan manajemen usaha, peningkatan nilai tambah produksi masyarakat dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat.

Selanjutnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan pembinaan dalam perwujudan desa wisata, Dinas Komunikasi dan Informatika untuk meliput dan mempersiapkan dokumentasi selama kegiatan berlangsung, Bagian Perpustakaan dan Arsip untuk menggiatkan pengembangan literasi masyarakat desa , dan Camat untuk mengarahkan kegiatan gotong-royong dan pembuatan taman desa.

Mempertegas hal itu, Hotraja Sitanggang ketika dihubungi Gosumut.com, Rabu (30/3/2022) menyebutkan, agenda itu akan dilaksanakan namun tetap menyesuaikan waktu Bupati dan Wakil Bupati Samosir.

"Dari tentatif acara memang fix besok akan dimulai. Pun begitu, masih tetap menyesuaikan waktu Bupati dan Wakil Bupati karena saat ini masih mengikuti Musrenbang. Tapi mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar besok," jelas Hotraja.

Sekda menjelaskan, lokus kegiatan difokuskan pertama di Desa Sabulan, Kecamatan Sitio-tio mengingat akses ke ke Kecamatan Sitio-tio cukup jauh dan sulit. Dan pertama di Desa Sabulan karena konsentrasi masyarakat terhadap pelayanan kependudukan dan kesehatan lebih membutuhkan.

Lanjut Hotraja, untuk tahap awal ini sesuai rencana akan dilangsungkan di satu desa per kecamatan sebagai contoh dan selanjutnya akan dilangsungkan atau digilir ke desa lainnya di 9 kecamatan di Kabupaten Samosir.*