PALAS  - Ketua Mabicab Gerakan  Pramuka Kwarcab Kabupaten  Padanglawas (Palas) drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menyatakan pramuka adalah alat pendidikan yang bisa mendidik generasi bangsa. Salah contoh nyata yang dipamerkan di lokasi bumi perkemahan kegiatan Perimtaq Kwarcab Palas produk pameran aneka jamuan  hasil produk kerajinan anggota pramuka Kwarcab Palas dari gugus depan (Gudep) 07395 SMPN 2 Hutaraja Tinggi.
 
"Produk aneka jamuan ini membuktikan anggota pramuka bisa diharapkan bisa unggul, tangguh, cakap, memiliki sopan santun, taat aturan dan senantiasa bertakwa kepada Allah Swt," kata Ketua Mabicab Pramuka yang juga Plt Bupati Palas, Minggu (27/3/2022) disela kegiatan penutupan perkemahan Perimtaq.
 
Menurutnya, setelah melihat hasil produksi aneka jamu anggota pramuka ini, terbukti anggota pramuka memiliki minat dan keahlian yang positif yang dapat menjadi kebanggaan. 
 
Dikatakan, melalui wadah pramuka seorang anak muda bisa membentuk sikap atau berperilaku yang berakhlak mulai dan sopan santun.
 
"Saya merasa bangga melihat kreaktif dan inovasi anggota pramuka karena  anggota Pramuka adalah alat pendidikan yang bisa mendidik generasi bangsa yang kreaktif yang inovatif," ujarnya.
 
Senada dengan Ketua Mabicab Pramuka Palas, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Padanglawas, Zainuddin Hasibuan SPd MM sepakat bahwa anggota pramuka sebagai penerus generasi harus memiliki inovasi dan kreaktif.
 
Oleh sebab, ia berharap anggota gerakan pramuka dapat membentuk karakter yang baik dengan pantang surut dan tetap mengukir prestasi guna  terwujud kemandirian yang positif.
 
Zainuddin juga berharap,anggota  gerakan pramuka Palas terus berinovasi dalam menciptakan lapangan kegiatan kerja yang berkotribusi untuk kemajauan sumber daya manusia(SDM). 
 
"Melalui gerakan pramuka diyakini dapat mengakomodir  untuk membangkitkan semangat kreativitas yang dapat menghasilkan produk unggulan karya pramuka yang dapat menjadi kebanggaan daerah," ucap Zainuddin.
 
Sebagai pandu yang menjadi panutan dan penunjuk arah, Pramuka juga harus menjadi contoh pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, karena Pramuka adalah merupakan bagian dari satuan petugas (satgas) peduli Covid-19.
 
Ia memyampaikan,apresiasinya kepada gudep 07395 SMPN 2 Hutaraja Tinggi yang telah mampu memproduksi aneka jamu seperti kunyit asam, jakuse, sirih china, serbuk sirih, serbuk kunyit, serbuk temu lawak, serbuk jahe merah, kapsul sambiroto dan kapsul bawang putih.