PALAS - Kelangkaan BBM Bio Solar timbulkan dampak semakin panjang kendraan truk, mobil pribadi serta bus angkutan di lokasi SPBU Nomor :14.227.309 berlokasi di Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan,Kecamatan Barumun, Jumat (25/3/2022) malam.

Sebanyak 10 personil kepolisian dari Polres Padanglawas disebar di sekitar kawasan SPBU dan Jalinsum Sibuhuan-Sosa.

Hal itu guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif karena antrian kendaraan terus terjadi dan semakin panjang di jalan umum.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si melalui Kasat Reskrim,AKP Aman Putra B.SH didampingi Kanit 1 Reskrim Ipda A.Bani S.SH mengatakan, pengamanan kendaraan ban roda 4 dan 6 yang ingin mengisi BBM jenis Bio Solar diatur secara tertib agar tidak menganggu pengguna jalan lainnya.

Dikatakan, kegiatan pengamanan ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan bagi pemilik kendaraan serta pengguna jalan raya. Serta mengantisipasi panjangnya antrian pengisian BBM jenis Bio Solar yang saat ini tengah langka di kalangan masyarakat.

"Personel polisi gabungan Satlantas dan Reskrim Polres Palas mulai Kamis (24/3/2022) sampai Jumat (26/3/2022) malam ini terus melakukan operasional disekitar SPBU untuk menjaga desakan antrian yanh semakin panjang," kata Ipda A.Bani.

“Malam ini kita melakukan pengamanan di satu titik SPBU yang berada di pusat ibukota Sibuhuan agar antrian tidak semakin panjang mengular di badan jalan umum," ujarnya.

Ia menyebutkan, antrean kendaraan yang ingin mengisi BBM di SPBU 14.227.309 Sibuhuan hingga sepanjang 1,5 kilometer.

"Demi mencegah kemacetan lantaran terjadinya antrean dan banyaknya kendaraan yang menggunakan badan jalan untuk mengantre Bio Solar, personil kepolisian memberlakukan aturan pengisian bio solar dengan sistem satu jalur," terangnya.

Bani menambahkan sedikitnya ada 10 personel yang diturunkan dalam pengamanan pengisian bio solar di sejumlah SPBU tersebut.

"Kegiatan pengamanan ini akan terus dilakukan pihak kepolisian guna mencegah kemacetan yang terjadi lantaran disebabkan antrean panjang," tandasnya.

Dari pantauan GoSumut di lapangan, Jumat(26/3/2022) malam sampai pukul 21.30 WIB, terlihat antrian kendaraan yang parkir untuk mengantre bio solar masih mengular panjang hingga memakan badan jalan.*