TOBA - Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti  menyebutkan kampung wisata  bernuansa Danau Toba akan hadir di Jogyakarta. Hal ini disebutkannya diungkapkannya dalam kunjungan kerjanya bersama sejumlah pimpinan OPD Kota Jogyakarta  di Kabupaten Toba, Kamis (24/3/2022).
 
Dalam siaran persnya, Jumat (25/3/2022) Sekretaris Dinas Kominfo Toba, Sesmon Butarbutar menyebutkan
Haryadi  yang baru dilantik sebagai Ketua Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Yogyakarta memberikan dukungan terhadap Danau Toba, salah satu Kawasan Super Prioritas Nasional (KSPN) yang ditetapkan Pemerintah Pusat.
 
"Ijinkan saya berdiri dengan penuh tanggungjawab sebagai Ketua KMDT Yogyakarta akan membuat salah satu kampung di Yogyakarta menjadi Kampung Wisata Danau Toba sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan Danau Toba sebagai wisata dunia," sebutnya.
 
Haryadi menyebutkan, kunjungannya kali ini di Kabupaten Toba adalah yang pertama kalinya menginjakkan kaki di Toba ini, ucapan syukur dan rasa bangga yang karena mengunjungi satu wilayah yang luar biasa di salah satu kawasan super pioritas yaitu Toba.
 
"Dan kiranya ini bukan yg pertama dan terakhir, tapi ini awal persahabatan yang baik antar pemerintah dan antar masyarakat baik Toba maupun Yogyakarta," sebutnya. 
 
Sebagai hasil dari tindak lanjut kerjasama yang akan dijalin, Haryadi  akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Kerjasama dengan Pemkab Toba  dalam hal penyelenggaraan urusan pemerintahan
 
"Mari kita saling bahu membahu untuk terus bisa memberikan sumbangsih bagi destinasi wisata terkhusus membawa Danau Toba Bring to The World," tambahnya.
 
Sebelumnya rombongan juga mengunjungi Caldera Nomadic Escape yang berada di Sibisa, Kecamatan Ajibata  dan Kampus IT Del,Laguboti.
 
Sementara Bupati Toba,  Poltak Sitorus dalam sambutannya melalui Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs. Augus Sitorus menyampaikan ucapan selamat datang bagi rombongan Walikota Yogyakarta dan Ketua KMDT beserta rombongan di salah satu kawasan destinasi pariwisata super proritas.
 
Pemkab Toba berharap dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai Destinasi Wisata Geopark atau disebut sebagai "Caldera of Kings" akan benar benar menjadi destinasi wisata berkelas dunia sama seperti Bali, Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Likupang bahkan juga Malioboro dan Kraton Yogyakarta. 
 
 
Bupati juga mengajak setiap tamu yang hadir untuk tidak ragu datang kembali berkunjung dan berwisata ke Danau Toba khususnya ke Kabupaten Toba. Banyak destinasi wisata pilihan yang bisa dinikmati dan dikunjungi, baik itu wisata pantai seperti Pantai Pasir Putih Parparean, Pantai Pakkodian, Sunset Beach Tambunan Lumban Gaol.
 
Kemudian ada, Taman Eden 100, Bukit Gibeon, dan Pemandangan Indah Adian na Lambok yang telah diresmikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, ada wisata budaya seperti Museum Batak TB Center, Makam Sisingamangaraja XII, Huta Parmalim, Desa adat Ragi Hotang Meat, ada juga wisata religi seperti Makam Missionaris IL Nomensen. 
 
Wisata minat khusus seperti Arung Jeram Parhitean di Kecamatan Pintu Pohan Meranti dan Sirkuit Grasstrack/Motorcross Sibodiala bahkan ada juga The Caldera Toba Nomadic Escape yang merupakan kawasan otoritatif Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).
 
Dengan adanya kunjungan kerja ini, Bupati Poltak juga berharap dapat semakin menjalin silaturahmi dan kerjasama dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pertanian dan yang lainnya antara Pemkab Toba dan Pemkot Yogyakarta.