PALAS - Dalam rangka mendukung terciptanya lingkungan Rutan Klas II Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut yang aman dan tertib, Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) bersama pengaman rutan secara berkala melakukan pemeriksaan dan perawatan senjata dan memeriksa amunisi sebagai sarana dan prasarana keamanan rutan, Kamis (17/3/2022). Pemeriksaan dan pemeliharaan senjata yang dilakukan secara berkala ini difokuskan untuk memastikan bahwa alat keamanan dapat berfungsi dengan baik dalam menunjang kinerja serta kualitas keamanan di rutan.

Kepala Rutan Klas II B Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut, Elizama Gori SH memimpin kegiatan pemeriksaan senjata didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, P.Simarmata dan Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rudi Timbul Halomoan Sinaga SH.

"Pemeriksaan senjata dan amunisi dilaksanakan di ruang Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) untuk memeriksa kelengkapan dan kelayakan senjata," terangnya.

Dikatakan, pemeriksaan senjata ini demi kenyamanan saat bertugas, seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan atau mengancam keamanan rutan maka senjata siap untuk digunakan.

Adapun kegiatan pemeriksaan alat keamanan yang dibersihkan dan dicek mencakup senjata laras panjang 4 pucuk, senjata laras pendek jenis pistol, 4 pucuk dengan kondisi baik 2 pucuk dan 2 kondisi rusak.

Selain itu, lanjut Rudi, pemeriksaan jenis amunisi dengan jenis kaliber 32 tajam sebanyak 8 butir, kaliber 32 karet sebanyak 294 butir, amunisi laras panjang sebanyak 600 butir, amunisi jenis 7,6 sebanyak 3 butir dan jenis 7,2 sebanyak 4 butir.

"Perawatan dan pemeliharaan senjata ini harus dilakukan untuk menjaga kondisi senjata dalam keadaan baik dan selalu siap digunakan," sambungnya.

Dengan dilakukannya pengecekan alat keamanan secara rutin ini, diharapkan dapat digunakan penggunaannya secara maksimal dengan ketersediaan sarana dan prasarana keamanan di Rutan Klas II Sibuhuan Kanwil Kemenkumham Sumut.