TOBA - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) satuan kerja yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menerima amanah mengelola lahan seluas 386,79 Ha untuk menjadi kawasan pariwisata premium berkelas dunia.

Sesuai dengan hak tersebut, BPODT memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan di sekitar kawasan wilayah otoritanya dengan melakukan pengawasan dan pelestarian lingkungan serta pencegahan kebakaran hutan.

Sesuai tagline _#GEBER_ dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan, BPODT mengadakan kolaborasi Pelatihan Pemadam Kebakaran dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Daerah Operasi Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar (Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Daops Manggala Agni Sumatera II/Pematang Siantar) selama dua hari, 16-17 Maret 2022 di Kaldera Nomadic Escape.

Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik BPODT Bambang Cahyo Murdoko dalam sambutannya mengatakan Kawasan Lahan Zona Otorita berbatasan dengan 3 desa masing-masing Desa Sigapiton, Desa Sibisa dan Desa Pardamean Sibisa.

Bambang berharap agar seluruh stakeholder dan segenap masyarakat untuk saling bahu membahu dalam menjaga kawasan hutan supaya tetap aman dan terlindung dari bencana kebakaran hutan.

Dari Pelatihan yang digelar seluruh peserta pelatihan dilatih menjadi sumber daya manusia yang terampil dalam melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan yang akan terjadi disekitaran Kawasan yang sama-sama kita cintai ini.

Kadaops Manggala Agni Sumatera II Pematang Siantar, Anggiat Sinaga, S.Hut menyampaikan dengan pelatihan bersama ini diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan BPODT ke depannya.

"Kita berharap melalui pelatihan ini masyarakat dapat merasakan hasilnya melalui semua peserta pelatihan yang manfaatnya dirasakan melalui penjagaan alam disekitar kita khususnya di Kaldera Toba Nomadic Escape, karena salah satu penyebab utama akan kerusakan pada alam adalah kebakaran," ujarnya.

Untuk kegiatan pelatihan yang digelar direkrut peserta dari perwakilan 3 desa di lahan zona Otorita dan perwakilan dari sekuriti BPODT.