PALAS - Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menutup pelaksanaan Ujian Madrasah (UM )TP 2021-2022. Peserta Ujian Madrasah (UM) berjumlah 280 terdiri dari jurusan IPA sebanyak 168 siswa dan IPS sebanyak 111 siswa. 
 
"Pelaksanaan UM yang berlangsung selama enam hari telah berakhir Sabtu (12/3/2022) berjalan kondusif dan  lancar," kata Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution.S.Pd.MA, Minggu (13/3/2022).
 
Dikatakannya, dalam rangka menjaga kondusifitas pasca ujian pihak madrasah mengantisipasi dan mengawasi dengan ketat para siswa tidak melakukan aksi  corat coret baju seragam madrasah.
 
Selain itu, lanjut Mahyarni, bagi siswa madrasah yang belum melaksanakan khataman Al Quran untuk kelas akhir agar segera melakukan khataman sesuai dengan tingkatan sebagai implementasi surat keputusan Kanwil Kemenag Provinsi Sumut Nomor :19 Tahun 2021.
 
Mahyarni menjelaskan, bagi siswa yang belum khataman Al Quran dapat dilakukan secara daring atau luring sesuai dengan protokol kesehatan di sesuaikan dengan level PPKM  daerah.
 
Ia menegaskan, setiap siswa yang akan mengakhiri masa sekolah dilingkungan madrasah diwajibkan khataman Al Quran sebagai salah satu syarat agar bisa lulus.
 
"Kepada anak -anak ibuk yang telah menyelesaikan UM agar bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita -cita yang lebih baik kedepan," pesannya dihadapan peserta didik kelas XII.
 
Disisi lain,ia juga mengingatkan kepada peserta didik untuk selalu menjadi contoh berprilaku yang baik dengan tidak melakukan perbuatan yang menimbulkan kerugian pada diri sendiri maupun terhadap orangtua yang telah bersusah payah memberi pendidikan kepadamu.
 
"Ingat pesan ibuk, sebagai peserta didik dilingkungan madrasah harus menujukan sikap sopan santun dan berbudi perkerti yang baik kepada siapapun,terlebih lagi kepada orangtua yang telah membesarkan dan mendidik kita dengan baik," pungkasnya.