PALAS - Turnamen Catur Palas Cup I se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) digelar Pemkab Padanglawas bekerjasama dengan Perkebunan PTPN IV Sosa yang diikuti 46 peserta dari berbagai kabupaten dan kota se wilayah Tabagsel.

Turnamamen ini dilaksanakan selama dua hari 12-13 Maret 2022, di Sopo Godang Emplasmen PTP N IV Sosa Desa Lubuk Bunut, Kecamatan Hutaraja Tinggi,Kabupaten Padanglawas Sabtu (12/3/2022).

Manager PTPN IV Sosa, Mulianto SP membuka secara resmi turnamen catur "Palas Cup I se Tabagsel" berharap turnamen catur ini dapat merajut hubungan silaturhami sekaligus sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat.

Dikatakan, kegiatan turnamen catur ini bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Palas dalam rangka kegiatan olahraga positif di tengah masyarakat masa pandemi Covid -19.

Mulianto berharap momentum kejuaraan turnamen catur sebagai ajang seleksi pecatur potensial dan berbakat sehingga bisa menjadi duta daerah pada event kejuaraan catur di tingkat provinsi bahkan nasional.

"Kami berniat, juara-juara turnamen catur ini nantinya bisa mewakili daerah masing -masing untuk mengikuti kejuaraan di level lebih tinggi untuk tingkat nasional maupun internasional,"terangnya.

Mulianto menjelaskan turnamen yang digelar selama dua hari pada tanggal.12-13 Maret 2022 ini terbuka untuk umum. Mengusung sistem Swiss dengan fase sistim pertemuan.

"Pada babak final nantinya masing -masing pengumpul point teratas akan kembali berjibaku untuk meraih kemenangan," sebutnya.

Turnamen ini diikuti oleh 46 orang peserta, sambungnya, merincikan asal Kota Padangsidimpuan sebanyak 8 orang,Sibolg 10 orang, Padanglawas Utara 5 orang dan sisanya asal dari Kabupaten Palas.

"Di ajang pelaksanaan turnamen ini pihak panitia melakukan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid -19," tegas Mulianto.

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid -19 ini, kegiatan olahraga menjadi lesu sehingga dilaksanakan turnamen catur ini untuk membangkitkan geliat olahraga positip yang bermanfaat untuk mencari bibit bibut baru pecatur yang berkualitas, pungkasnya.*