TOBA - Wakil Bupati (Wabup) Toba Tonny M Simanjuntak SE membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XVII tingkat Kabupaten Toba dengan memukul gong di Aula Kantor Camat Habinsaran, Jumat (11/3/2022). Tonny menyebutkan, pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin memberikan dukungan terhadap kegiatan keumatan di Toba terutama dalam penyediaan anggaran sesuai peraturan yang berlaku.
 
Disebutkan juga pelaksanaan MTQ harus dijadikan momentum untuk mengedukasi umat, membangun sinergitas khususnya generasi muda agar semakin cinta dan membumikan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Serta untuk syiar dan dakwah.  
 
Diharapkan lanjutnya, selama kegiatan berlangsung menerapkan protokol kesehatan Covid-19.
 
"Untuk itu, terkhusus kepada peserta agar benar-benar mengikuti dan bertanding dengan penuh semangat, sehingga peserta yang akan mengikuti  pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi  meraih sukses," sebut  Wabup Tonny mengakhiri.
 
Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Toba Efendy Samosir dalam sambutannya  menyampaikan Kabupaten Toba sangat rukun dengan keberagaman agama. Secara khusus sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepada umat Islam di Kabupaten Toba.
 
Ditempat yang sama Ketua Forun Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Toba dalam sambutannya menyampaikan lembaga keumatan yang ada di Kabupaten Toba sangat mengapresiasi dukungan dan kerjasama yang selama ini dilaksanakan oleh Pemkab Toba terutama dalam pemberian dana hibah.
 
Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-XVII tingkat Kabupaten Toba yang juga Camat Habinsaran Santo Pane dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Toba kali ini tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 .
 
"Peserta yang mengikut MTQ ke XVII Tingkat Kabupaten Toba sebanyak 180 orang dari seluruh kafilah Kecamatan se- Kabupaten Toba.
 
Sedangkan, panitia majelis hakim dan panitera sekitar 35 orang.
 
Turut dihadiri mewakili Dandim 0210 Pabung Mayor (inf) K.Napitupulu, Kakankemenag Toba Wanton Naibaho,  Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar, Kadis KB dr. Juliwan Hutapea, Plt Kadis Sosial Sudirman Sirait, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kabag Sosial Tanda Dongaran, Kabag Perekonomian Eston Sihotang, para Camat se-Kab Toba, Forkompinca Kecamatan Habinsaran, Sekretaris BKAG Kabupaten Toba Pdt Oloan Pane, dan tamu undangan lainnya.