ASAHAN - Personil Siaga Pos SAR Tanjung Balai Asahan (TBA) akhirnya berhasil menyelamatkan tiga anak buah kapal (ABK) korban kapal tabrakan di Perairan Asahan Kabupaten, Asahan pada Kamis (10/3/2022) sekitar pukul 21.00 wib. Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Asahan, Ady Pandawa ST dalam keterangan persnya, Jumat (11/3/2022) menyebutkan ketiganya ditemukan dalam keadaan selamat, sekira pukul 22.05 Wib. Selanjutnya korban dievakuasi menggunakan Sekoci dan dibawa menuju Kapal SAR 248 Sanjaya dan diserahkan kepada pihak keluarga.
 
Disebutkannya, awalnya pihaknya menerima informasi dari orang tua salah seorang ABK yang merupakan korban kapal tabrakan di Perairan Asahan Kabupaten Asahan. 
 
Menurut informasi yang diterima sebutnya, kronologis kejadian bermula saat kapal nelayan pergi mencari ikan di malam hari pada Kamis malam. Namun naas sekitar pukul 19.00 wib tepatnya di sekitar lampu putih Perairan Asahan, Kapal nelayan berjenis kayu bertabrakan dengan kapal nelayan lainnya yang mengakibatkan kedua kapal terbalik, dimana tiga orang ABK dari kedua kapal terjun ke laut dan bertahan hidup dengan cara berpegangan pada kapal yang terbalik dan salah seorang ABK menghubungi orang tuanya untuk meminta pertolongan.
 
"Begitu Tom SAR Tanjung Balai mendapat informasi, dengan gerak cepat langsung berkoordinasi dengan Nahkoda Kapal KN SAR 248 Sanjaya yang standby di Dermaga Panton.saat itu juga langsung menurunkan personil melakukan pertolongan menggunakan alut Sekoci milik Kapal SAR 248 Sanjaya," ujar Ady Pandawa.
 
"Berkat Spsinergitas dan respon time, personel Rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya, ABK RB 301 TBA dan  Personil Lanal TBA akhir sekitar pukul 22.05 wib tim berhasil menyelamatkan ketiga korban dalam keadaan selamat," ujarnya.
 
Data-data korban sesuai identifikasi tim, Mhd. Yusuf (30), Agus Erwin (25) dan  Solahuddin (28) diketahui seluruh korban adalah warga Asahan Mati Kabupaten Asahan.