PALAS - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penilitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemkab Padanglawas (Palas) menggelar pelatihan pengenalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) 'Internet Sehat dan Produktif'.
Pelatihan ini untuk kelompok penggerakan pembinaan kesejahteraan keluarga di wilayah Kabupaten Palas dibuka secara resmi oleh Sekda, Arpan Nasution SSos, Kamis (10/3/2022)di Aula komplek perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan.

Peserta pelatihan berjumlah 60 orang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Pengurus dan Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Padanglawas.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto MSi mengatakan,  pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah membangun sambungan tanpa hambatan, bebas sinyal internet yang dapat menghubungkan seluruh daerah indonesia tanpa terkecuali bahkan seluruh penjuru dunia dalam istilahnya Tol Langit oleh pemerintah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan digital maka dibangun jaringan internet yang disebut Palapa Ring," terangnya. 

Dikatakan,dengan adanya jaringan internet mempermudah konektivitas, berinteraksi tetapi juga bertujuan untuk mempercepat pelayanan pendidikan, kesehatan, sinergi sosial budaya juga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Disamping itu juga kehadiran tol langit ini,sambungnya untuk mendorong peningkatan ekonomi khususnya UMKM melalui digital marketing,kata Irbar.

Menurutnya, pemanfaatan trasformasi digital di tengah masyarakat tidak hanya berdampak positif tetapi juga ada sisi negatif. 

"Efek samping dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi diantaranya cepatnya penyebaran berita- berita bohong, pornografi,budaya instan serta membuat orang malas bergerak juga dapat meningkatkan kejahatan," terangnya.

Ia menambahkan,untuk menghadapi tantangan transformasi digital perlu adanya pondasi agama,moral yang tinggi, budaya yang kokoh yang  menanamkan nilai luhur pancasila.

Sekda Arpan Nasution S.Sos menyampaikan,ucapan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan yang telah melaksanakan pelatihan di  lingkungan Pemkab Palas.

"Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus siap menghadapi era digital dan 
tidak bisa menghindar dari era ini," sebutnya.

Kata Sekda,kesiapan menyogsong serta menghadapi tantangan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab kita semua. 

Sekda menambahkan,penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan mendapat tantangan yang sangat kompleks.

Misalnya di era pandemi sekarang segala sesuatunya berubah, terutama interaksi sosial masyarakat lebih banyak melalui media sosial. 

Ia mengimbau, masyarakat  harus cermat dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Manfaatkan media sosial dengan bijak dan terarah.