PALAS - Polres Padanglawas (Palas) terus gencar serbu program vaksinasi ke masyarakat di tiga titik lokasi kecamatan berbeda dalam waktu yang sama, Kamis (10/3/2022). Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan sasaran peserta didik di lingkungan sekolah tingkat SD menjadi prioritas percepatan vaksianasi sebagai upaya pencegahan dan mencegah penyebaran Covid-19.
 
Pelaksanaan vaksinasi serentak di sejumlah SD di Kecamatan Sihapas Barumun dan Huristak menjadi sasaran gempur vaksin oleh kepolisian yang menggandeng pihak perusahaan untuk ikut berperan mensukseskan program vaksinasi.
 
Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi melalui Kapolsek Barumun Tengah, AKP  Syawaluddin H SH  mengatakan, Polri hadir di tengah masyarakat untuk melindungi kesehatan dari wabah Covid-19.
 
"Khususnya bagi generasi penerus bangsa yang patut dilindungi kesehatan agar tidak rentan terserang virus Covid-19 perlu adanya tindakan gerakan percepatan vaksinasi sebagai upaya menjaga dan mencegah terpapar Covid-19," terangnya.
 
Kata Kapolsek, kegiatan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilaksanakan di tiga titik lokasi kecamatan dengan sasaran peserta didik serta masyarakat untuk pemberian suntikan vaksin dosis 1 dan 2 dan dosis 3 jenis vaksin Booster.
 
Lebih lanjut kata dia, untuk kecamatan  Huristak, disela kegiatan vaksinasi juga diberikan imbauan dan penyuluhan saat kepada siswa dan orangtua murid sebagai edukasi.
 
"Kegiatan edukasi dan imbau prokes dilaksanakan di SDN Desa Ganal dan Tobing,Kecamatan Huristak," terangnya.
 
Untuk memberi semangat dan motivasi kepada peserta didik, tambahnya pihak perusahaan PT HEXA diwakili Asisten Divisi Prayogo memberikan bantuan buku tulis dan 1 kg gula pasir ke setiap siswa yang sudah divaksin.
 
Pada pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Huristak di hadiri Kasi Propam Polres Palas, Iptu G. Harahap Camat Huristak Lelan Daulay serta tim  vaksinator dari Puskesmas Huristak.
 
Sementara untuk Kecamatan Sihapas Barumun, lanjutnya pelaksanaan vaksinasi berlangsung di SDN 1201 Desa Ujung Padang, SDN 1203 Desa Padang Hasior Dolok, SDN 1205 Silenjeng, Desa Simaninggir dan Puskesmas Sihapas Barumun.
 
Selain untuk pengamanan kegiatan vaksin Covid-19 juga dirangkai dengan pemberian bantuan berupa buku tulis bagi anak usia 6-11 tahun yang telah divaksin serta penyaluran minyak goreng terhadap masyarakat umum oleh pihak perusahaan PT Tunas Agro Sejahtera (TAS).
 
Ia menambahkan, bantuan minyak goreng bagi masyarakat yang telah divaksin merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari Polres Palas, sedangkan buku dari perusahaan PT TAS.
 
Hadir dipelaksanaan vaksinasi, Camat Sihapas Barumun, Lelliana Harahap bersama Sekcam, Kanit Binmas Polsek Barumun Tengah, Aipda Musa Surbakti,
Bhabinkamtibmas, Bripka Smynar Syahputra dan Briptu Muzwar Ritonga serta perwakilan PT TAS, Ongku Hasibuan dan tim vaksinator Puskesmas Sihapas.