PALAS - Akibat tingginya intensitas hujan yang terus menguyur sepekan belakangan ini berdampak meluap Sungai Sosa. Akibatnya, sekitar 50 rumah warga di Desa Lumban Huayan, Kecamatan Sosa Julu terendam banjir setinggi 30-40 centimeter.

Sungai Sosa meluap sekira pukul 02.00 Rabu (9/3/2022) dinihari mengepug pemukiman penduduk.Tidak hanya rumah penduduk yang terendam air tetapi fasilitaa umum seperti masjid dan prasarana jalan desa juga ikut terendam banjir.

Plt Camat Sosa Julu, Muliadi Hasibuan yang dikonformasi melalui telepon seluler pukul 03.00 WIB dinihari membenarkan bahwa kondisi air setinggi 30-40 centimeter merendam pemukiman penduduk di Desa Lumban Huayan.

"Iya benar air Sungai Sosa meluap karena tingginya intensitas hujan yang terus menerus sehingga banjir mengepung lokasi pemukiman penduduk," terangnya.

Ia bersama warga sedang berada di lokasi banjir yang merendam sekitar 50 rumah warga dengan ketinggian air 30-40 centimeter.

Muliadi mengimbau,warga untuk terus meningkatkan kewaspadaan dini guna menghindari banjir yang dikhawatirkan terus meningkat karena faktor kiriman dari hulu sungai.

"Saat ini saya bersama warga terus melakukan pemantauan di lokasi banjir agar tidak menimbulkan ketakutan warga yang berdampak lebih besar yang bisa mengancam keselamatan warga," pungkasnya.*