MEDAN - Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah, harga bahan pokok terpantau naik dalam beberapa pekan terakhir. Seperti yang terjadi di Pasar MMTC Kota Medan, Rabu (9/3/2022).
Salah seorang pedagang di pasar MMTC yang menjual Cabai menuturkan bahwa harga cabai mengalami kenaikan.

"Sebenarnya kenaikan harga cabai kalau menjelang bulan puasa sedikit ada kenaikan, namun kenaikan kali ini lumayan tinggi, sebelumnya harga cabai merah Rp 40 ribu, sekarang mencapai Rp 55 ribu, dan bahkan kemarin sampai Rp 60 ribu perkilo," ujar pedagang cabai, Boru Saragih.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang berbelanja mengeluh dengan kenaikan beberapa harga bahan pokok yang terjadi.

"Dampak dari kenaikan harga pokok terutama cabai, daya beli masyarakat berkurang, saat pembeli datang menanyakan harga, mereka semua mengeluh semuanya mahal, itulah keluhan para pembeli," ucap Boru Saragih.

Boru Saragih itu menyebutkan, faktor cuaca juga menjadi penyebab harga menjadi melambung, karena pasokan barang menjadi sulit, dan petani juga mulai menaikkan harga.

"Kemungkinan salah satu faktor yang mempengaruhi juga faktor cuaca ekstrem didaerah gunung. Hal itu membuat pasokan barang menjadi langka, sedangkan pasokan cabai dan lainnya dari hanya Berastagi saja," terangnya

Ia berharap pemerintah Kota Medan untuk selalu memantau seluruh harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

"Harapannya untuk pemerintah Kota Medan, agar terus memperhatikan harga bahan pokok terutama menjelang bulan puasa ini. Harga barangnya sudah naik dari para petani sana ya kan, jadi tidak bisa komplain, tentunya kami pedagang juga harus menaikan harga" pungkasnya.