PALAS - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB, Marwan Dasopang M.Si meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) di lokasi Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Palas, Selasa (8/3/2022).


Pembangunan gedung PLHUT di Kabupaten Padanglawas ini bersumber dari anggaran melalui dana pusat tahun 2019 lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang mengatakan, ibadah haji itu bukan sekedar ritual semata, tetapi lebih dari itu yang berkaitan dengan nilai kemanusiaan dan persaudaran dan toleransi.

"Gedung PLHUT bukan sekedar untuk menampung dan melayani jemaah haji, tapi bisa dimanfaatkan sebagai sarana syiar Islam Washatiyahm," sebutnya.

Menurutnya, gedung ini merupakan salah satu implikasi pemahaman keagamaan, sehingga tugas Kementerian Agama semakin tertantang untuk lebih giat menyebarluaskan moderasi beragama di kabupaten Palas.

Ia berharap, dengan adanya gedung PLHUT bisa dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan baik oleh pemerintah dan masyarakat sehingga berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Marwan Dasopang juga menjelaskan, tahun ini pelaksanaan haji bisa terwujud meskipun masih menunggu keputusan resmi dari Kerajaan Arab Saudi.

Kata Marwan Dasopang, pihak Kementerian Agama sampai saat ini tetap melakukan sejumlah persiapan bagi calon jemaah haji, salah satunya dengan pemberian vaksin kepada calhaj.

"Jika pelaksanaan ibadah haji tahun ini terlaksana, maka sudah langsung bisa action untuk berangkat ketanah suci Mekkah bagi calon jemaah haji," tambahnya.

Selain meresmikan Gedung PLHUT di Kabupaten Palas, Wakil Ketua Komisi VIII melakukan kunjungan ke Ponpes Syakira Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun yang dipimpin H.Maskur Subhan Daulay S.Pdi.

Dikesempatan itu, ia memberikan bantuan ke sejumlah pengurus pondok pesantren sekaligus bersilaturahmi dewan guru dan santri.

Sekda Padanglawas, Arpan Nasution mengucapkan terima kasih kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI.

"Bapak Plt Bupati tidak dapat hadir dikegiatan peresmian gedung PLHUT karena sedang bertugas pemerintahan diluar daerah," katanya.

"Terima kasih atas kontrubusi H.Marwan Dasopang yang telah menguatkan pembangunan gedung PLHUT di Kabupaten Palas," ujar Sekda.

Sekda juga berharap, Wakil Ketua DPR RI untuk terus mendukung pembangunan di Kabupaten Palas seperti musibah bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

"Ada beberapa desa yang terkena dampak abnjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam hingga memporak porandakan rumah warga," ujar Arpan.

Ia berharap, Wakil Ketua DPR RI bisa menguatkan pemerintah daerah untuk membangun desa pasca bencana di daerah ini agar bisa terbangun kembali untuk masyarakat.

Hadir dikegiatan peresmian PLHUT di Kabupaten Palas, Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan MA dan sejumlah Pimpinan Ponpes se Kabupaten Palas.