SAMOSIR - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menyampaikan Pemerintah Kabupaten Samosir akan melakukan proses tender lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Proses tender tahun anggaran 2022 ini dilakukan pada awal tahun. "Ini demi perubahan yang lebih baik, lelang atau tender yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKBPJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Samosir sudah melakukan tender diawal tahun, kepada penyedia dan masyarakat dapat mengakses pengumumannya di laman pengadaan barang dan jasa Pemerintah Kabupaten Samosir di https://lpse.samosirkab.go.id," papar Plt. Kepala Dinas Kominfo, Ricky Rumapea, Jumat (4/3/2022).
 
Diutarakannya, seringnya proses lelang yang dilaksanakan di akhir tahun, mengakibatkan proyek sering mangkrak atau semrawut karena terkesan dipaksakan selesai, yang tentunya berpengaruh terhadap kualitas proyek itu sendiri.
 
"Keterlambatan ini juga akan berakibat terburu-burunya pelaksanaan kegiatan dan rendahnya penyerapan anggaran," ungkapnya.
 
Dijelaskan, untuk tahun anggaran 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Samosir untuk pertama kalinya melakukan proses lelang di awal tahun.
 
"Proses pengadaan barang jasa dengan sistem tender ini, telah dimulai pada bulan Februari dan ditargetkan selesai pada bulan Juni 2022, dengan harapan dapat memacu perputaran roda perekonomian masyarakat disamping untuk percepatan penyerapan anggaran," ujar Ricky.
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pengadaan barang/jasa secara elektronik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit, memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.
 
"Kita mengharapkan dengan proses tender di awal tahun ini akan meningkatkan kualitas proyek pembangunan di Kabupaten Samosir, dan masyarakat dapat merasakan manfaat pembangunan dengan maksimal sehingga mendukung percepatan pencapaian 10 program unggulan pembangunan daerah Kabupaten Samosir," pungkasnya.