MEDAN - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut berbagi dengan masyarakat korban banjir di sejumlah titik di Kota Medan. Kegiatan berbagi ini merupakan rangkaian dari peringatan Isra Mi'raj. Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis melalui Ketua Bidang Sosial, Morin Sofyan menyebutkan dalam kegiatan berbagi ini, pihaknya sudah menyalurkan sebanyak 600 paket nasi barokah dan juga air mineral.

"Kegiatan ini dalam rangka Isra Mi'raj, IPEMI melakukan baksos. Karena ada bencana banjir di Kota Medan dan dilanjutin dengan nasi Jumat barokah," ujarnya, Selasa (1/3/2022).

Hari pertama tutur Morin, pihaknya menyalurkan paket nasi berkah tersebut di dua titik di Kecamatan Medan Maimun. Selanjutnya, hari kedua di Jalan Suprapto Kecamatan Medan Maimun, di Mesjid Al-Abrar, Titi Papan, Yayasan Pendidikan Islam Ar Ridho Jalan Platina Raya, Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

"Nasi barokah ini di masak ibu - ibu IPEMI dari member IPEMI Sumut yang memiliki usaha catering, di antaranya Wakno Soto Soup, Dapur Mama Icha, Yessy Maharani Food, Dapur Bunda, Eat Me," ujar Owner Dapur bunda ini.

Untuk diketahui, hujan deras yang melanda Kota Medan dari Minggu (27/2/2022) siang hingga Senin (28/2/2022) menyebabkan sejumlah kawasan di Kota Medan terendam banjir. Sedikitnya, 14 kelurahan yang tersebar di sembilan kecamatan terendam air dengan ketinggian yang beragam.

Kepala BPBD Kota Medan M Husni mengatakan sebanyak 3.267 kepala keluarga (KK) atau 9.428 jiwa menjadi korban banjir. Banjir tersebut disebabkan sejumlah sungai yang ada di Kota Medan meluap karena tidak mampu menampung debit air.

Sebelumnya, IPEMI Sumut juga mengadakan bakti sosial dengan menggelar pasar murah minyak goreng sebanyak 6.000 liter. Minyak goreng ini dijual dengan harga terjangkau Rp 13.000 per liternya.

"Pasar murah yang kita gelar itu, sebagai bentuk cepat dan tanggap IPEMI Sumut berbuat, menyikapi kelangkaan minyak goreng di pasaran. Di mana kita melihat ibu-ibu IPEMI sangat kesusahan mencari minyak goreng, untuk usaha mereka, khususnya dikuliner, menjual makanan siap saji," ujarnya.

Sehingga lanjutnya, digelar pasar murah untuk membantu warga mendapatkan minyak goreng. Pasar murah tersebut, salah satunya digelar di pelataran masjid di Jalan Antariksa Kecamatan Medan Polonia.

Hj Yulidar Bugis juga berterima kasih kepada Ketua Bidang Sosial IPEMI dan tim yang mengkoordinir pasar murah demi kesuksesan pasar murah tersebut.