PALAS - Siswi kelas XI IIS 2 Tata Busana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar peragaan busana.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan, tujuan peragaan busana ini untuk menempah kemampuan siswi menciptakan desain busana sesuai trend masa kini.

"Peserta didik tata busana yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan praktek pembuatan busana harus mampu menciptakan desain yang bersaing di dunia usaha," terangnya, Jumat (25/2/2022).

Dikatakan, pada setiap kegiatan praktek,para siswi bersaing dalam pembuatan busana yang menarik dan dilanjutkan dengan peragaan bersama dengan tujuan mempromosikan hasil karyanya sendiri.

Kata Mahyarni, para siswi tata busana terus diberikan motivasi agar mampu menciptakan desain busana serta mampu menjahitnya sendiri.

"Disaat peragaan busana bisa terlihat bagaimana hasil desain inovasi yang dihasilkan menarik perhatian atau tidaknya akan dinilai oleh guru pembimbing,Apakah sudah bisa bersaing di dunia usaha," ujar Mahyarni.

Ia menambahkan, tujuan akhir dari kegiatan praktek dan peragaan busana ini untuk membuktikan bahwa siswi tersebut memikiki bakat untuk menjadi desainer busana.

"Pembuatan desain busana ini bermanfaat bagi siswi untuk terus berinovasi dalam bidang tata busana sehingga setelah tamat dari madrasah bisa memiliki peluang untuk lapangan pekerjaan sesuai dengan olmu yang diperoleh selama mengikuti pendidikan dilingkungan madrasah," pungkasnya.