TOBA - Bupati Toba Ir Poltak Sitorus bersama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Toba Romson Poskoro Purba Purba lakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Toba dengan Bawaslu  Kabupaten Toba Tentang Penguatan Pengawasan Partisipatif Pemilu Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang dituangkan dalam surat No.100/9/PEM -KS /2022 dan No.005/HK.02.00/K.SU-25/02/2022. Bupati Toba Poltak Sitorus menyebutkan  Pemerintah Kabupaten Toba  siap mendukung dan membantu beberapa permohonan  yang disampaikan Bawaslu termasuk dengan permohonan lahan yang diajukan ke Pemkab Toba akan mempelajarinya bersama OPD Pemkab Toba untuk melihat ketersediaan lahan yang ada di Pemkab Toba.
 
Dalam kesempatan tersebut Bupati memginstruksikan beberapa Dinas terkait seperti  Dinas PMDPPA, Kesbangpol, Pol PP, Dinas Kominfo untuk memberikan kemudahan dalam hal pelaksanaan pengawasan untuk mengkawal tahapan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Toba di Pemilu yang akan datang sesuai jadwal ketentuan dan ketetapan Pemerintah Pusat melalui KPU RI secara khusus Dinas Kominfo supaya membantu dalam hal pelaksanaan publikasi.
 
Sebelumnya Ketua Bawaslu Kabupaten Toba Romson Poskoro Purba telah memyampaikan permohonnya Bawaslu Kabupaten Toba untuk berkenan menyediakan lahan untuk pembangunan Kantor Bawaslu Kabupaten Toba.
 
Disampaikan Romson untuk perpanjangan pinjam pakai gedung yang saat ini masih digunakan oleh Bawaslu  sebagai kantor dapat disetujui Pemkab Toba berikut proses penganggaran untuk  pengadaan mobil/transportasi di Bawaslu.
 
Pihaknya juga bermohon supaya kegiatan penyebarluasan informasi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam masa Pilkada dan Pemilu juga mendapat dukungan dari Pemkab Toba.
 
Turut hadir dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama ini Plh Sekda Augus Sitorus, Kaban Kesbangpol Broztito Sianipar, Plt Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Kabag Pemerintahan Samuel Lumbanraja, Komisioner Bawaslu Japarlin Napitupulu dan beberapa Komisioner Bawaslu Kabupaten Toba lainnya.