SAMOSIR - Berdasarkan data yang disampaikan Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir, Minggu (20/2/2022) sesuai data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan setempat menunjukkan angka kasus Covid-19 di kabupaten ini naik drastis. Dan kini sebanyak 3 Kelurahan dan 5 Desa sudah masuk zona merah.

Dari data yang disampaikan, dalam sehari jumlah kasus baru Covid-19 di Kabupaten Samosir mencapai 74 kasus.

Guna mencegah penyebaran lebih luas, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala turut turun melakukan monitoring dan sosialisasi penegakan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah objek wisata yang kerap dikunjungi masyarakat pada akhir pekan.

Disebutkan, langkah itu sebagai antisipasi potensi kerumunan dan kepatuhan pengelola maupun pengunjung objek wisata dalam menerapkan protokol kesehatan mengingat terus meningkatnya jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Samosir akhir-akhir ini.

Beberapa objek wisata yang di monitoring, yaitu Bukit Holbung dan Bukit Sibea-bea yang berada di Kecamatan Harian, Geopark Sigulatti di Kecamatan Sianjur Mula-mula, dan Pemandian Aek Rangat di Pangururan.

Disampaikan, dari hasil monitoring petugas memberikan peringatan dan himbauan kepada pengelola yang tidak menjalankan prokes seperti tempat cuci tangan dan warga atau pengunjung yang tidak menggunakan masker.

Selain itu, sebagian besar pengelola juga telah mensosialisasikan tentang disiplin protokol kesehatan (Prokes) kepada setiap pengunjung yang datang.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir, Ricky Rumapea sekaligus juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir menyampaikan, tim gabungan patroli terdiri dari BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo dan Dinas Sosial PMD.

Ia juga menjelaskan kegiatan ini sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Samosir Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Samosir.

Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir mengajak seluruh masyarakat untuk mau dan mampu menjadi ‘Satgas’ Covid-19 di lingkungan masing-masing, untuk mengingatkan sesama dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Dalam menghadapi masa pandemi dan tren kenaikan kasus saat ini, kepatuhan kita menjadi kunci dalam pengendalian Covid-19 saat ini. Mari kita patuhi protokol kesehatan, agar kita dapat hidup sehat bersama," tutupnya.

Data kasus baru di Kabupaten Samosir:

- Kasus baru, 74 orang
- Sembuh, 4 orang
- Meninggal (0)
- Suspek (0)
- Probable (0)
- Kasus aktif, 205 orang
- Isolasi mandiri, 200 orang
- Menjalani perawatan di RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan, 3 orang
- Di luar RSU Kabupaten Samosir, 2 orang

Kumulatif kasus (sejak Tahun 2020):

1. Konfirmasi positif, 1896 orang
2. Sembuh, 1636 orang
3. Meninggal, 55 orang

Data penerima vaksinasi hingga, Sabtu (19/2/2022), dosis 1, sebanyak 114.485 orang, dosis 1 dan 2, sebanyak 104.871 orang, dan penerima vaksin Booster, sebanyak 10.797 orang.

Berikut data 3 Kelurahan dan 5 Desa yang masuk zona merah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir:

- Kelurahan Pasar Pangururan, Kecamatan Pangururan

- Kelurahan Pintu Sona, Kecamatan Pangururan

- Kelurahan Siogung-ogung, Kecamatan Pangururan

- Desa Pardomuan I, Kecamatan Pangururan

- Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sianjur Mula-mula

- Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi

- Desa Huta Dame, Kecamatan Palipi

- Desa Nainggolan, Kecamatan Nainggolan.*