MEDAN - Universitas Sumatera Utara (USU) melalui koordinator proyek Sport And Physical Education as A Vehicle For Inclusion and Recognition In India, Indonesia, and Sri Lanka (SPIRIT) melaksanakan pelelangan dengan pascakualifikasi secara terbuka. Pelelangan dibuka mulai 1 Januari sampai 1 Maret 2022.

Koordinator Proyek Erasmus SPIRIT USU, Prof Dr dr Dina Keumala Sari MGizi SpGK menjelaskan, pelelangan dimaksud untuk paket pekerjaan yang terdiri dari pengadaaan alat olahraga dan kelengkapan terapi nutrisi untuk Sport Center USU-Proyek SPIRIT, dengan proyek nomor: 617779-EPP-1-2020-1-IN-EPPKA2-CBHE-JP.

"Nilai total HPS (Harga Perkiraan Sendiri) sebesar Rp335.470.173.01 atau 21.000 EUR untuk termin I," kata Dina, Selasa (15/2/2022).

Dina menjelaskan, persyaratan untuk dapat mengikuti pengadaan ini, peserta yang berbadan usaha harus memiliki surat izin usaha sesuai dengan peraturan perundangan atau SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dalam bidang pekerjaan yang ditawarkan dan masih berlaku.

Peserta juga harus melampirkan bukti bahwa sudah terdaftar di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Selain itu, peserta harus melampirkan fotocopy NPWP perusahaan, SPT tahun 2020 serta surat pernyataan bahwa perusahaan yang bersangkutan dan manajemennya tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak bangkrut dan tidak sedang dihentikan usahanya.

"Peserta juga harus melampirkan surat pernyataan bahwa salah satu dan/atau semua pengurus dan badan usahanya atau peserta perorangan tidak masuk dalam 'Daftar Hitam'. Bagi peserta berbentuk badan usaha harus memperoleh paling sedikit satu pekerjaan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, baik di lingkungan pemerintah maupun swasta termasuk pengalaman subkontrak, kecuali bagi penyedia yang baru berdiri kurang dari tiga tahun dengan dibuktikan surat perjanjian/kontrak," terangnya.

Di samping itu, Dina melanjutkan, peserta wajib melampirkan surat kesanggupan memberikan Jaminan Purnajual/Garansi minimal satu tahun dari Pabrikan atau Distributor resmi. Terakhir, peserta harus memiliki alamat tetap dan jelas serta dapat dijangkau dengan jasa pengiriman.

"Peserta dapat mengirimkan penawaran ke spirit.usu.2021@gmail.com yang ditujukan kepada Panitia Pengadaan SPIRIT. Pemenang lelang akan diumumkan pada tanggal 14 Maret 2022 yang akan disampaikan ke email masing-masing peserta yang mengikuti lelang," sambungnya.

Dina menambahkan, panitia akan menentukan satu vendor sebagai pemenang dengan kriteria penilaian, harga (40%), kualitas (20%), pengiriman (15%), efisiensi energi, keamanan, dan aksesibilitas (10%), serta servis/garansi (15%). "Skema pembayaran akan dibagi menjadi dua termin, yakni termin pertama 60% (setelah barang sampai tujuan dan lengkap terpasang (ter-instal) di USU dan pelunasan sebesar 40% (setelah selesai dilakukan pengetesan teknis barang dan pelaporan akhir dari pengadaan barang.