PADANG SIDEMPUAN - Camat Padang Sidempuan Utara, Nanda Alvina akan melakukan mediasi terkait 7 KK (Kepala keluarga) yang tidak memiliki akses jalan karena pemilik lahan di Kampung Bukit Lingkungan II, Kelurahan WEK II, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan saat ini sedang membangun tembok di sana.

Nanda Alvina menyebutkan pihaknya sudah pernah melakukan pendekatan pada pemilik lahan dan warga setempat, namun belum ada titik temu. Karena itu, mediasi akan kembali dilakukan.

“Kita akan panggil pemilik lahan. Sudah pernah masuk konfirmasi dari mereka, udah pernah ngasi 1 (satu) meter, kalau ngak salah untuk akses jalan. Kita juga belum tau betul batas-batas tanahnya, nanti kita cross check dulu. Rencananya Kamis (17/2/2022) kita mediasi," ujar Nanda Alvina, Senin (14/2/2022) saat meninjau lokasi.

Sebelumnya dikabarkan, sejumlah kepala keluarga di Kampung Bukit Lingkungan II, Kelurahan WEK II, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, merasa akses jalan ke rumahnya dipersulit.

Hal ini dikarenakan dinding tembok yang baru dibangun tepat di depan rumah Rosdiana, Sinta Samosir, Nurbeda, Rosmina Sari Dewi, Komalasari, Hartati Harahap dan Yusuf Nasution.

"Sekarang kami jadi susah keluar masuk dari rumah, karena bagunan tembok itu, akses jalan pun sudah sulit,” ujar mereka kepada wartawan ketika ditemui di rumah.

Menurutnya, 7 kepala keluarga tersebut tidak memiliki akses jalan lain, kecuali yang saat ini sedang dibangun oleh pemilik lahan.

"Kami berharap agar pemilik lahan untuk memberikan sedikit akses jalan agar kami bisa keluar masuk,” ungkap seorang dari mereka.

Bukan hanya itu kata mereka, sejak bangunan tembok tertutup aktivitas mereka jadi banyak terhambat. Berbagai usaha sudah mereka lakukan, seperti melaporkan hal ini kepada kepala lingkungan setempat, Lurah Wek II, Camat Padangsidimpuan Utara dan Kasatpol PP.

Namun, hingga saat ini mereka belum mendapatkan solusi dari instansi tersebut.

"Mereka bilang akses jalan sudah aman, tapi nyatanya pembangunan masih terus," tandas Rosdiana mewakil kepala keluarga yang lain. *