PALAS - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) di tingkat Kecamatan menjadi tolak ukur pada kegaitan MRQN tingkat Kabupaten Padanglawas (Palas) yang akan digelar 21-24 Ferbuari 2022 di Sosa Julu. Demikian disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Palas, H. Abdul Manan MA menanggapi pertanyaan wartawan terkait pelaksanaan MTQ di seluruh Kecamatan se Palas, Selasa (1/2/2022).
 
Dikatakan, pelaksanaan MTQ Kecamatan perlu ditingkatkan agar lebih berkualitas sebagai cikal bakal qori dan qoriah yang menjadi utusan kecamatan nantinya.
 
”Pada ajang perhelatan MTQN Kabupaten nantinya yang menjadi kebanggaan bagi para Dewan Hakim kalau hasil pelaksanaan dinilai berkualitas dari para peserta," terangnya.
 
Oleh karena itu, lanjutnya Dewan Hakim di MTQN Kabupaten Palas nantinya menjadi objek perhatian publik yang memberikan penilaian secara objektif bagi setiap peserta yang mengikuti lomba.
 
"Hikmah dan moment MTQ yang dilaksanakan setiap kecamatan akan melahirkan para qori dan qoriah yang memiliki wawasan untuk membaca dan menghapal Alqur’an dengan baik," ujarnya.
 
Ia menambahkan, para peserta lomba ditingkat MTQ kecamatan dapat memanfaatkan ajang MTQ sebagai mempererat silaturrahmi dengan semua elemen sekaligus menimbul rasa cinta dengan sesama dalam ukhuwah Islamiyah.
 
"Kirotil Quran menjadi motivasi untuk selalu ingat membaca Alquran sehingga menjadi bekal bagi peserta untuk persiapan diri pada ajang perhelatan MTQN tingkat Kabupaten Palas nantinya," pungkasnya.